persib 1 vs 2 MADURA UTD

Efek Sanksi Terasa

2

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BALIKPAPAN – Persib Bandung harus mengakui keunggulan Madura United 1-2 pada pertandingan pekan ke-24 Liga 1 2018 di Stadion Batakan, Balikpapan, tadi malam.

Dua gol Madura United dicetak Fabiano Beltrame melalui titik penalti di menit 25 dan Zah Rahan menit ke-58. Sedangkan gol balasan Maung Bandung dicetak sanga striker mudanya Muchlis Hadi Ning menit ke-48.

Di babak pertama, anak asuh Mario Gomez sebetulnya banyak mendapatkan peluang. Namun, rapatnya barisan pertahanan Madura United membuat klub kebanggaan warga Jawa Barat itu kesulitan.

Malapetaka buat Persib datang di menit 25. Airlangga dianggap wasit Suhardiyanto handsball di kotak penalti. Fabiano Bel­trame yang menjadi ekse­kutor pe­nalti sukses melaksanakan tugasnya. Persib pun ter­tinggal 0-1 dari Madura United.

Tim asuhan Mario Gomez sempat mencoba untuk membongkar lini belakang Sapeh Kerrab melalui Oh Inkyun dan Muchlis Hadi. Sampai dengan peluit tanda turun minum dibunyikan, serangan Persib selalu dapat dimentahkan. Skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, baik Persib maupun Madura United langsung melakukan pergantian pemain. Di kubu Maung Bandung, Eka Ramdani masuk menggantikan Airlangga.

Di kubu Sapeh Kerrab, Lucky Wahyu diistirahatkan untuk menggantikan Samassa Mahamadou.

Di menit 48, Persib mencetak gol penyeimbang. Umpan tendangan bebas Supardi ditanduk dengan baik oleh Muchlis Hadi Ning yang tak kuasa dijangkau Satria Tama.

Sayangnya, skor itu tak bertahan lama. Di menit 58, Persib kembali kebobolan lewat kaki kanan Zah Rahan. Berawal dari crossing Greg Nwokolo ke jantung pertahanan Maung Bandung yang gagal disapu oleh lini belakang Persib. Bola liar pun disambar dengan cepat oleh Zah Rahan yang mampu menaklukkan M. Natshir. 1-2 Persib kembali tertinggal.

Di menit 67, Muchlis nyaris mencetak gol kedua bagi Persib. Meski sudah lepas dari jebakan off-side dan berhadapan dengan kiper lawan, ia gagal untuk menceploskan bola ke jaring gawang.

Untuk menambah daya gedor, pelatih Mario Gomez melakukan dua pergantian secara bersamaan di menit 72. Atep diistirahatkan untuk digantikan Henhen Herdiana dan M. Wildan Ramdhani masuk menggantikan Muchlis Hadi.

Kehadiran Wildan dan Henhen tak berpengaruh banyak. Sebab, disiplinnya lini pertahanan Sapeh Kerrab di sisa waktu babak kedua membuat Persib tetap kesulitan untuk mencetak gol kedua. Skor 1-2 pun bertahan sampai dengan peluit panjang dibunyikan.

Akibat Sanksi

Kekalahan Persib dari Madura United dipercaya sebagai efek dari sanksi yang diberikan PSSI, Selasa (9/10). Dalam kondisi normal, bobotoh percaya Maung Bandung bisa meraih tiga poin dalam pertandingan tersebut.

Penasehat Aliansi Bobotoh Tasikmalaya (Abot) Dede Persib mengaku menang dan kalah merupakan hal biasa. Tapi menurutnya kekalahan kali ini merupakan efek dari sanksi yang diberikan PSSI. “Kalau saja semua pemain inti bisa main, saya yakin menang,” tuturnya.

Dia pun menilai sanksi yang diberikan Komdis PSSI berpotensi menjegal Persib menjadi juara. Namun demikian, dia berharap di pertandingan berikutnya Persib bisa menaklukan Persipura. “Mudah-mudahan saja dengan Persipura bisa menang,” katanya.

Dede merasa bobotoh saalam dunya perlu melakukan aksi lanjutan terkait sanksi kepada Maung Bandung. Tetapi pihaknya masih bersabar menunggu hasil Banding yang dilakukan manajemen Persib. “Kalau belum sesuai harapan, ya mungkin memang harus menggeruduk PSSI,” tegasnya.(rga/psb)

loading...