Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.5%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

Ekonomi Banjar Diprediksi Naik 3 Persen

43
0
OPTIMIS. Sekretaris Umum HIPMI Kota Banjar Deny Irawan usai diwawancara Radar di kediamannya Jumat (3/1). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
OPTIMIS. Sekretaris Umum HIPMI Kota Banjar Deny Irawan usai diwawancara Radar di kediamannya Jumat (3/1). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Perekonomian di Kota Banjar tahun 2020 diprediksi naik 2 sampai 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu terlihat dari sektor usaha masyarakat yang mulai bergeliat.

Sekretaris Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Banjar Deny Irawan mengharapkan perekonomian Kota Banjar secara makro bisa naik sekitar 2-3 persen.

“Apalagi Kota Banjar masuk peringkat keenam di Jabar dalam capaian peningkatan perekonomian,” ujar pria yang akrab disapa Dewan kepada Radar, Jumat (3/1).

Dia menjelaskan, untuk mencapai hal itu, tentu harus didukung oleh iklim investasi yang nyaman dan aman. Tentu investasi di setiap daerah, khususnya Kota Banjar harus dijaga dengan baik supaya tetap kondusif.

Sebab, sambungnya, maju dan berkembangnya suatu daerah atau kota tidak terlepas dari peran investasi.

“Juga harus didukung oleh perizinan yang mudah, sehingga investor mudah masuk, namun tetap mengikuti prosedur yang ada,” tutur Dewan yang juga menjabat ketua PHRI Kota Banjar.

Selain itu, lanjut dia, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus di-mapping dengan baik, sehingga perekonomian mereka bisa tumbuh dengan baik dan terus meningkat.

Geliat ekonomi ini tentu harus didorong dengan adanya peraturan daerah (Perda) tentang kewirausahaan, yang nantinya bisa mengakomodir semua para pelaku usaha dalam meningkatkan perekonomian di Kota Banjar.

“Mencapai itu semua, tentu harus bersinergi, baik asosiasi pelaku usaha (HIPMI atau PHRI, Red) dengan pemerintah. Karena mereka juga ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” jelasnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.