Siapkan Tempat Bermain Anak Sebagai Upaya Menekan Angka Perpisahan

Ekonomi Menjadi Faktor Tingginya Angka Perceraian Di Tasikmalaya

22

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Kantor Pengadilan Agama (PA) Tasikmalaya Kelas IA mencatat ada 3.652 perkara perceraian yang masuk tahun ini per Januari sampai Oktober. Tingginya angka perceraian menempatkan Kabupaten Tasikmalaya berada pada urutan 10 dari 27 kota kabupaten di Jawa Barat.

Kepala Pengadilan Agama Tasikmalaya Kelas I A Dra Nia Nurhamidah R MH menjelaskan dari semua perkara yang masuk tidak semua diputuskan atau dikabulkan. Karena ada juga yang ditunda atau bahkan ditolak gugatannya. “Dari 3.652 perkara, sebanyak 2.574 karena istrinya yang menggugat. Sedangkan sisanya dari suami yang menggugat. Hampir 80 persen faktor perceraian dilandasi oleh keadaan ekonomi, sisanya kekerasan, perselingkuhan dan domisili,” ucapnya kepada wartawan, Selasa (30/10).

Lanjut dia, pihaknya terus melakukan upaya supaya pasangan suami istri ini tidak jadi bercerai, walaupun sudah mengajukan gugatan. Salah satu caranya dengan menyediakan tempat bermain anak di kantor Pengadilan Agama. “Dengan harapan ketika suami istri melihat keceriaan anaknya bermain saat berada di PA bisa luluh dan membatalkan niat untuk bercerainya,” katanya.

Sinta Rizky (25), warga Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya mengaku sangat terbantu dengan adanya tempat bermain anak di Pengadilan Agama. “Anak saya terhibur, ketika saya ikut sidang perceraian. Jadi tidak rewel, karena banyak permainan di tempat ini,” ujarnya.

Sinta mengaku sudah dua kali menghadiri sidang perceraiannya dan selalu menyimpan anaknya di tempat bermain ini. “Saya sudah tiga tahun menikah dan sekarang tak cocok lagi. Sama faktor ekonomi juga,” bebernya.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah Indonesia (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto SIP mengapresiasi langkah dari PA yang membuat tempat bermain anak untuk para pengunjung pengadilan yang sedang mengikuti sidang perceraian. “Dengan demikian, kantor PA ini menjadi ramah anak. Karena sudah tersedia tempat bermain anak yang layak,” ucapnya. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.