Suguhkan Keindahan Namun Kurang Diprioritaskan

Ekspedisi Radar Tasikmalaya Susur Selatan Jabar (5)

Nana Suryana / Radar Tasikmalaya POTENSI PAD. Keindahan Pantai Pamayangsari, Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya belum dikelola serius oleh pemerintah daerah.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

Perjalanan menyusuri pantai selatan Jawa Barat selanjutnya tiba di lokasi perkampungan nelayan. Tepatnya, di pantai Pamayangsari, Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.  Jaraknya sekitar 86 kilometer dari Pantai Pangandaran.

Laporan: NANA SURYANA

Pantai Pamayangsari ini menjadi satu-satunya Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) yang dianggap representatif oleh nelayan di pesisir Tasikmalaya. Tempat ini juga semakin ramai dengan aktivitas pengunjung yang sengaja datang menikmati luasnya samudera dari tepi pantai.

Rumah-rumah penduduk mulai terlihat khas seperti perkampungan nelayan pada umumnya. Terlihat tumpukan jaring serta sejumlah perahu nelayan tak jauh dari rumah-rumah mereka.

Mendekati pelabuhan pendaratan ikan, suasana semakin ramai. Meskipun hanya singgah beberapa menit, Radar menyempatkan menikmati suasana pantainya dari sisi pelabuhan. Hamparan lautnya biru, pasirnya pun putih, menandakan kawasan ini masih terjaga. Sementara ombak di sini juga cenderung lebih tenang, mungkin karena terdapat dua breakwater atau pemecahan ombak di kedua sisi pelabuhan yang mirip sepatu kuda saat dilihat dari atas. Sejumlah warga yang datang juga terlihat asik bermain pasir di dalam pelabuhan.

Meskipun bukan tempat wisata,  namun kawasan PPI Pamayangsari ini cukup ramai oleh aktivitas pengunjung. Kendaraan-kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor terlihat berderet di areal parkir pelabuhan.  Sebagian lagi, terparkir di depan warung-warung yang menyajikan masakan seafood.

Di Pantai Pamayangsari, memang terdapat sejumlah warung yang menyajikan makanan khas laut dengan harga cukup terjangkau. Pengunjung juga bisa membeli ikan langsung dari nelayan, ada yang sudah dijajakan di warung-warung, atau bisa langsung membelinya di tempat pelelangan ikan.

“Pemandangannya asyik, banyak warung juga, jadi bisa sambil istirahat dan makan,” tutur Suryaman (41), warga Cilacap yang kebetulan sedang melintas.

Dirinya mengaku beberapa kali melintasi jalur selatan Jabar ini untuk mengunjungi kerabatnya yang bekerja di Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Di lokasi tersebut, juga terdapat lampu suar yang di sampingnya berdiri kokoh bangunan pemantau. Tingginya sekitar 30 meter. Pengunjung bisa menaiki anak tangga untuk sekadar selfie atau memotret pemandangan laut.

Di sepanjang sisi bagian dalam pelabuhan, puluhan perahu berderet rapih, namun saat Radar berkunjung sekitar pukul 14.00, suasana sudah sepi dari aktivitas nelayan. Menurut warga setempat, aktivitas nelayan biasanya ramai saat pagi hari hingga menjelang siang.

Nelayan di Pamayangsari jumlahnya memang cukup banyak. Sektor perikanan tangkap di wilayah Pantai Pamayangsari juga menjadi penyuplai hasil laut di Kabupaten Tasikmalaya. Namun demikian, nelayan yang melaut masih skala kecil, yakni menggunakan perahu fiber dengan kekuatan setara 2 GT, jarak tempuh melautnya dibawah 12 mil. Karena itu, potensi kelautan belum tergali secara optimal. Padahal, sepanjang perairan Cipatujah merupakan zona penangkapan ikan. Infrastruktur menjadi salah satu kendala bagi nelayan untuk memperbaiki alat tangkapannya.

Ketua  Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya Dedi Mulyadi mengatakan sarana PPI di pesisir Tasikmalaya masih sangat kurang. “Nelayan kita jumlahnya hampir mencapai empat ribu orang, sementara pelabuhan baru di Pamayangsari, itu pun skala kecil. Sementara Pelabuhan Cimanuk yang sedang dibangun sudah dua tahun ini terhenti,” ungkapnya.

Dikatakan Dedi, ribuan ton ikan dihasilkan nelayan setiap tahunnya dan memberikan kontribusi PAD sektor kelautan untuk pemerintah daerah. “Harapan kami infrastruktur untuk menunjang kegiatan nelayan diperhatikan, karena potensi perikanan kita cukup besar,” ungkapnya.

Pantai yang ada di Kecamatan Cipatujah selanjutnya yaitu Pantai Sindangkerta. Di pantai ini, pengunjung juga bisa jalan-jalan di tepi pantai yang memiliki hamparan batu karang sehingga dapat melihat taman laut. Luasnya diperkirakan sekitar 20 hektare. Di sekitar kawasan juga terdapat beberapa warung dan tempat makan.

Mendekati perbatasan Kabupaten Garut, terdapat Pantai Pesanggrahan, bisa dikatakan destinasi wisata, namun tidak terlalu ramai. Di sini terdapat sejumlah warung makanan sederhana yang menjajakan makanan khas seafood.

Sepanjang Pantai Cipatujah memang memiliki potensi wisata dan pengembangan sektor perikanan,  namun tampaknya Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya belum memberikan prioritas untuk pengembangan potensi sektor perikanan tangkap maupun pariwisata di wilayahnya ini. Padahal, bukan tidak mungkin, Pantai Cipatujah dapat berkembang seperti halnya Pantai Pangandaran. (bersambung)

loading...