Ekspetasi Robert

13
0
Kevin van Kippersluis

BANDUNG – “Persib klub besar, negara yang bagus serta sepak bola yang bagus”. Kutipan tersebut diucapkan pemain anyar Persib Bandung Nick Kuipers saat dikenalkan menjadi rekrutan anyar Maung Bandung untuk mengarungi Liga 1.

Pemain yang sebelumnya memperkuat ADO Den Haag (Belanda) ini mengaku sangat senang bisa memperkuat Persib Bandung, klub besar yang ada di Indonesia. Ia pun sangat berterima kasih bisa berada dalam tim Pangeran Biru.

Nick menyebut cukup mengetahui Persib Bandung, meski sebatas dari media dan sosial media, terutama bagaimana antusiasnya suporter dalam mendukung Maung Bandung.

“Saya juga tahu dari media soal sepak bola di Indonesia, dan saya banyak mendengar hal positif di sini dari teman saya. Itu alasan kenapa saya akhirnya memilih bermain untuk Persib” ujarnya saat konferensi pers di Graha Persib kemarin (20/8).

“Banyak fans di sosial media bicara, dan sekarang saya tahu secara langsung. Saya senang bermain di klub seperti ini dan sisanya, lihat saja nanti,” lanjutnya.

Selama membela Persib, Nick akan menggunakan nomor punggung 2. Karena menurutnya itu nomor spesial bagi dirinya.

Nick menambahkan pernah memakai nomor punggung 2 saat memperkuat MVV Maastricht, klub yang dibelanya di masa awal berkarier di dunia sepak bola.

“Bagi saya ini nomor yang spesial dan kebetulan nomor itu tidak ada yang memakainya di sini (Persib), jadi itu yang membuat saya memilih nomor 2. Dan saya juga menjadi kapten saat itu,” jelas Nick.

Mengenai kesiapan menghadapi tekanan, Nick mengaku sudah biasa tim besar memiliki tekanan tinggi. Yang pasti, kata dia, sebagai pemain selalu berupaya menampilkan yang terbaik.

“Saya harap bisa menunjukkan yang terbaik untuk semuanya. Saya akan bekerja setiap saat dengan keras untuk lebih baik lagi. Ketika saya terus berkembang setiap saat, saya harap permainan tim juga meningkat,” janjinya.

Bagi Nick, bermain di klub Indonesia baru pertama kali kariernya, tentu merasakan ada perbedaan kultur sepak bola Indonesia dan Belanda. Tapi hal itu bukan masalah.

“Saya tahu ada perbedaan antara sepak bola Indonesia dengan Belanda, tapi bagi saya ini baik, karena saya selalu ingin menjadi lebih baik. Ini hal terbaik bagi saya, dan itu kenapa saya datang ke sini. Saya ingin menunjukkannya pada suporter. Itu hal yang positif bagi saya,” ucap Nick.

Pemain lainnya, Omid Nazari mengaku senang bisa menjadi bagian dari tim Maung Bandung mulai putaran kedua Liga 1 2019. Pemain yang pernah membela Timnas Iran itu menegaskan siap memberikan yang terbaik bagi Persib Bandung, walau baru bergabung di putaran kedua. “Saya senang bisa bermain di tim besar seperti Persib. Pokoknya mamprang! (semangat dan berani),” kata Omid.

Omis juga mengakui siap menghadapi tekanan suporter fanatik Maung Bandung. Baginya, tekanan itu harus menjadi pemacu semangat di setiap pertandingan. “Saya pikir tekanan akan selalu ada karena ini tim besar. Saya akan mencoba sekuat tenaga dan berharap bisa membantu Persib lebih baik,” ucap Omid.

Omid mengaku pernah merasakan atmosfer pertandingan di Indonesia saat berhadapan melawan Persija Jakarta bersama klub yang dibelanya sebelum ini, Ceres-Negros.

“Ya, saya pernah merasakan bagaimana rasanya bermain di Indonesia seperti saat melawan Persija tahun ini. Yang pasti, saya harus bekerja keras dan adaptasi dengan baik di sini,” tutur pemain yang memilih nomor punggung 91 di Persib Bandung ini.

Terakhir, Kevin van Kippersluis mengaku banyak mendapatkan informasi dari rekannya tentang Persib dan sepak bola Indonesia sebelum memutuskan berkarier di Tanah Air.

“Saya banyak mendapatkan informasi soal sepak bola Indonesia dari teman-teman saya di sini, seperti Marc Klok, Wiljan Pluim, Stefano Lilipaly,” ujarnya.

Tak hanya itu, Kevin juga tertarik untuk bisa merasakan atmosfer pertandingan bersama Maung Bandung. Bagi dia, bermain di hadapan puluhan ribu penonton di stadion adalah impian setiap pemain sepakbola.

“Secara fan base Persib juga lebih besar dari Ajax, lebih besar dari Inter Milan. Jadi saya sangat senang untuk bisa bermain di tim besar seperti Persib,” ujarnya.

Hanya Bojan

yang ”Bertahan”

Persib Bandung kedatangan tiga pemain asing baru untuk putaran kedua Liga 1 musim 2019. Klub berjulukan Maung Bandung resmi mendatangkan Kevin van Kippersluis, Nick Kuipers, dan Omid Nazari. Ketiganya pun sudah resmi diperkenalkan sebagai penggawa anyar Persib, Selasa (20/8).

Masuknya ketiga pemain anyar tersebut membuat Persib harus melepas tiga pemain asing dalam skuadnya saat ini. Tim pelatih pun sudah membuat keputusan dengan mendepak Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan.

Kendati demikian, dari ketiga pemain yang sudah dipastikan dilepas hanya Bojan yang akan tampil bersama Persib hingga akhir putaran pertama.

“Bojan masih akan bermain karena dia pemain profesional dan di klub mana pun di dunia ketika ada pemain yang dijual atau akan pergi ke klub lain mereka masih menyelesaikan kewajibannya,” kata pelatih Persib Roberts Alberts, kemarin.

Sementara untuk Rene dan Artur dipastikan sudah dilepas Persib, dan sudah dipersilahkan untuk mencari klub baru. Artur dilepas karena kualitasnya yang tidak seusai ekspektasi. Sementara Rene terpaksa tidak bisa bermain sampai putaran pertama habis karena terkendala cedera. “Rene tidak bisa karena dia masih cedera dan saya sudah mengecek kondisinya. Jadi lebih baik bagi Rene untuk mencari klub baru sehingga dia bisa melanjutkan karirnya di tim lain,” pungkasnya. (pra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.