Ekspor Durian Tembus Pasar Eropa

44

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan produksi volume ekspor durian. Salah satunya di daerah Pandeglang, Banten, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi mengatakan, durian Pandeglang memiliki peluang yang sangat besar untuk terus ditingkatkan produksi dan volume ekspornya.

“Pengembangan durian Pandeglang sangat diperlukan. Kuncinya pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pelaku usaha harus bersinergi membantu petani,” ujar Suwandi di Pandeglang Sabtu (2/2).

Berdasarkan data BPS, produksi dan ekspor durian setiap tahun mengalami kenaikan. Produksi pada 2017 mencapai 795 ton dan ekspornya sebesar 240 ton. Di tahun 2018, produksi dan ekspor durian mengalami kenaikan yang cukup drastis yakni produksinya sebesar 819.654 ton dan eksppor 1.086 ton.

“Durian asal Indonesia telah menembus banyak negara seperti pasar Hongkong, China, Malaysia, Vietnam, Singapura, Saudi Arabia hingga Belanda,” kata Suwandi.

Melansir data BPS, sebelumnya neraca per­da­gangan durian defisit, na­mun 2018 sudah surplus. Ekspornya lebih tinggi 700 ton dibandingkan impor. “Artinya, Indonesia boleh dikatakan eksportir durian,” sebut Sywandi.

Lanjut Suwandi, langkah nyata untuk meningkatkan terus volume ekspor tahun ini dan ke depannya, yakni selain melalui program di sektor hulu, juga menjamin sektor hilirnya.

“Kementan juga mem­berikan karpet merah untuk durian lokal mendapatkan label atau izin sebagai varietas unggul baru. Untuk mempermudah izin ekspor, Kementan telah menerapkan sistem Online Single Submission (OSS),” tutur Suwandi.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengajak masyarakat Pandeglang untuk meningkatkan tanaman buah sekaligus menjaga kualitas buah tetap nomor satu.

“Pemerintah daerah berkomitmen terus membantu petani. Sentra produksi durian di Kabupaten Pandeglang tersebar di Kecamatan Kaduhejo, Majasari, Cadasari, Mandalawangi, dan Carita. Harga durian sangat ini menguntungkan, berkisar Rp 30.000 hingga Rp 65.000 per butir,” ujarnya.

Pemerhati pertanian Juli Yulianto mengatakan, adanya ekspor durian menunjukkan bahwa produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk dari luar negeri. (din/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.