Elpiji Dikeluhkan, Agen Disidak

189
0
SIDAK. Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis melakukan sidak ke tempat penjualan gas elpiji di perkotaan Ciamis, Jumat (28/6). Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya
Loading...

CIAMIS –Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis melakukan inspeksi mendadak (sidak) beberapa agen gas elpiji di wilayah Ciamis kota, Jumat (28/6). Sidak ini menindaklanjuti laporan masyarakat tentang persoalan hitungan ampere regulator gas elpiji 3 kg yang tidak sesuai.

Kasi Distribusi Barang dan Perlindungan Konsumen DKUKMP Kabupaten Ciamis Dini Kusliani menerangkan, ada beberapa laporan masyarakat tentang kurangnya hitungan ampere regulator gas elpiji 3 kg. Ketika baru dipasang, ampere gas tersebut tidak full. “Makanya kami melakukan pengawasan kepada sejumlah agen gas elpiji di wilayah perkotaan Ciamis,” kata dia.

Titik-titik yang disidak di antaranya agen pangkalan di daerah Panoongan Kelurahan Kertasari Kecamatan Ciamis. Gas di sini langsung ditimbang. Kemudian di SPBE dicek mekanisme pengisian gas dan beberapa fasilitas diperiksa aga sesuai standard operating procedure (SOP). Sesuai SOP itu harus ada timbangan, buleng wadah untuk pencegahan adanya api dan alat pemadam kebakaran. “Pada dasarnya hasilnya sudah sesuai dilakukan dan tetap harus pertahankan SOP tersebut,” ujarnya.

Dini mengingatkan masyarakat bila tabung gas elpiji 3 kg beratnya kurang dari 7,92 kilogram bisa dikembalikan ke SPBE. Bila tidak percaya isi gas itu ada 3 kg, maka bisa langsung ditimbang di tempat pembelian. Setiap pangkalan gas harus memiliki timbangan sesuai SOP.

Dia menjelaskan tabung elpiji kosong itu beratnya sekitar 5 kg. Bila diisi gas 3 kg, maka beratnya sekitar 7,92 kg sampai 8,03 kg. Adapun mengenai regulator tidak bisa jadi alat ukur yang valid lantaran tekanannya ada yang 20 kg dan 10 kg. “Kami sarankan, untuk memastikan gas elpiji yang diterima oleh masyarakat benar-benar 3 kg, maka bisa ditimbang secara manual,” tutur dia.

Dia juga memperingatkan kepada penjual gas baik di pangkalan maupun SPBE untuk mengikuti aturan dan SOP penjualan gas. “Jangan menyalahi aturan. Untuk sejauh ini sidak belum ditemukan yang kurang,” kata dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.