Emak-Emak Turun, Pantai Bersih

40
PATUT DICONTOH. Ibu-ibu di Kabupaten Pangandaran berinisiatif membersihkan sampah plastik di Pantai Pangandaran Kamis (23/5). Nana Suryana / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – The power of emak-emak yang satu ini patut dicontoh, mereka menginisiasi gerakan bersih pantai di kawasan Pantai Timur Pangandaran. Kini sudah hampir sepekan gerakan bersih pantai tersebut berjalan, pesertanya pun terus bertambah dari hari ke hari.

Yanti Meztner, warga Desa/Kecamatan Pangandaran dan temannya yang mengawali kegiatan positif tersebut. Ia tergugah membersihkan sampah plastik yang berceceran di pantai.

“Tujuan awalnya mau lihat sunrise dengan keindahannya tapi sayang di pantai begitu banyak sampah plastik, melihatnya sedih sekali,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (23/05).

Yanti dan keluarganya akhirnya memutuskan untuk pulang ke rumahnya, namun ia kembali lagi membawa sapu. “Kami langsung bersihkan pantai, kebetulan bertemu juga dengan bu Ade Ruminah, anggota DPRD Pangandaran beserta suaminya yang sedang jalan-jalan dan ikut terjun membersihkan pantai,” ujarnya.

Dirinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama membersihkan pantai agar keindahannya tidak terhalang tumpukan sampah plastik. “Lihatlah setelah disapu pantai begitu indah, bahagia sekali melihatnya,” kata dia.

Ia menambahkan segala sesuatu yang didasari dengan niat dan kesadaran sendiri jauh akan lebih baik. “Segala sesuatu memang harus dengan niat yang kuat, datang dari dalam diri sendiri baru akan terlaksana. ikuti kata hati. Subuh sehat, subuh bersih, subuh indah,” pungkasnya.

Sementara itu, Ade Ruminah, Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran yang juga menggagas kegiatan bersih pantai tersebut mengatakan keindahan Pantai Pangandaran akan lebih dirasakan jika keberhasilan pantainya terjaga. Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk peduli kebersihan pantai.

“Kita harus menjaga pantai ini tetap bersih agar bisa menikmati keindahannya, gerakan kita awalnya memang karena kita merasa terganggu saat ingin menikmati sunrise, hamparan sampah plastik dimana-mana, mengganggu pandangan kita,” ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran Hj Ida Nurlaela mengapresiasi kegiatan tersebut. Bahkan, ia pun ikut turun ke pantai. “Gerakan bersih pantai ini sangat baik dan tentunya memotivasi banyak orang, dipelopori oleh ibu-ibu atas kesadaran sendiri,” ujarnya.

Ia berharap kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan semakin tinggi. “Seperti kita lihat sampah plastik begitu banyak dipantai, sangat merugikan, bukan hanya merak keindahan tapi juga membahayakan ekosistem yang ada,” pungkasnya. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.