Emil Minta Pemuda Kota Tasik untuk Memanfaatkan Disrupsi Pariwisata

50
0

KOTA TASIK – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengatakan, era digital atau yang juga dikenal era 4.0 menuntut adaptasi terhadap disrupsi (pergeseran/perubahan sistem dari cara lama ke cara baru atau perubahan berbagai sektor akibat digitalisasi).

Kata pria yang akrab disapa Emil, yang ditemui saat kunjungan kerja di Kota Tasik, aktifitas di dunia nyata yang beralih ke dunia maya harus dimanfaatkan untuk hal positif.

Tidak terkecuali, untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, terutama fakta bahwa Jabar dianugerahi alam yang indah.

Untuk itu, Emil mendorong adanya disrupsi inovasi kekayaan alam Jabar demi kemajuan sektor pariwisata.

“Allah telah menciptakan keindahan alam (Jawa Barat), tinggal kita mampu mengolahnya atau tidak. Kita sebut namanya pariwisata,” ujar Emil, Minggu (29/12/19).

“Saya titip pemuda Muhammadiyah kembangkan rezeki yang sudah ada di depan mata, yaitu keindahan alam. Itu (bisa) menyejahterakan (masyarakat),” sambung dia yang ditemui usai menghadiri Muswil Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat di Kampus Umtas.

Emil mencontohkan, disrupsi alias sektor pariwisata muncul bersamaan dengan kegemaran masyarakat untuk swafoto (selfie) di tempat wisata.

“Ada disrupsi dalam pariwisata, yaitu orang tidak usah berlama-lama. Ke sana (tempat wisata) datang-ngantri, selfie-pulang, bahagia lahir-batin. Kita sebut selfie ekonomi,” terangnya.

Contoh lainnya disrupsi inovasi bidang pariwisata di era digital atau 4.0, tambah dia, yakni pemanfaatan rumah warga menjadi homestay.

Emil mengatakan, pihaknya akan mengembangkan homestay yang disediakan oleh warga di sekitar lokasi wisata dan bisa dipesan secara online.

“Ekonomi pariwisata ini bisa menjadi tantangan. Sekarang bisa booking, nginepnya di rumah penduduk (homestay). Ini akan saya kembangkan, tidak akan semuanya hotel-hotel (milik) konglomerat,” jelas Emil.

Sejak Minggu dini hari, Emil sudah beraktivitas di Kota Tasik. Dimulai pukul 03.30 WIB, Salat Subuh Berjamaah di Masjid Agung.

Pukul 09.00 WIB menghadiri penutupan Muswil Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat di Kampus Umtas, dan pukul 11.00 WIB bersilaturahmi dengan Persatuan Umat Islam (PUI) Kota dan Kabupaten Tasikmalaya di Ponpes Nur Assa’adah, Mangkubumi.

(rezza rizaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.