Disarankan Daftar Pada Waktu Tengah Malam

Emosi Pelamar CPNS KIni Diuji

13

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di wilayah Priangan Timur mengeluhkan sulitnya membuka website Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Mereka mengaku harus sabar dan bersusah payah untuk bisa melakukan registrasi.

Seperti yang dialami, Popi Puspita Putri (28), warga Dalem Kelurahan Setiarasa Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya kesulitan membuka website BKN.

Menurutnya, hal itu cukup memantik emosi karena sampai sore hari belum berhasil melakukan registrasi. “Sejak pagi dicoba, tapi belum bisa daftar. Tentu sangat mengjengkelkan,” ungkapnya saat ditemui Radar. Rabu (26/9).

Memang, kata Popi, sesekali berhasil membuka halaman website BKN. Namun untuk melakukan registrasi tidak cukup hanya membuka halaman itu saja. “Bisa masuk, pas klik registrasinya error lagi jadi ngulang dari awal,” tuturnya.

Dia berharap BKN bisa menjadikan website tersebut tetap stabil, meskipun diakses jutaan orang. Karena seharusnya hal tersebut bisa diprediksi sejak awal. “Ya gimana caranya terserah, yang penting harus bisa diakses,” katanya.

Popi sendiri memilih ikut pendaftaran CPNS di Kota Banjar. Pasalnya dalam formasi CPNS Kota Tasikmalaya tidak tercantum kuota untuk guru IPS atau sejarah. “Adanya di Banjar, jadi mau bagaimana lagi,” ungkap lulusan Universitas Negeri Siliwangi Tahun 2013 itu.

Hal sama dirasakan pelamar CPNS dari Kota Banjar, mereka kesulitan mengakses situs sscn.bkn.co.id ketika hendak memilih formasi dan menginput data pendaftaran CPNS. “Belum berhasil mendaftar dari tadi karena jaringannya selalu sibuk. Kalau kartu akun saya sudah membuatnya, ini mau daftar masukin berkas persyaratan masih gagal terus,” kata Astri Jayantri (29) honorer di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar kepada Radar, kemarin.

Astri sudah mempersiapkan seluruh persyaratan dari jauh-jauh hari. Niatnya menjadi seorang PNS bulat karena kini telah menjadi tenaga honorer selama hampir 11 tahun. “Rencananya saya mendaftar CPNS dari jalur umum dengan memilih formasi jabatan di Dinas Kominfo Kota Banjar,” kata wanita yang tinggal di Duaun Gardu Desa Balokang Kecamatan Banjar Kota Banjar itu.

Senada dengan Astri, Desi Amiati (31), pelamar CPNS lulusan S1 Ilmu Pemerintahan yang ikut di jalur umum CPNS Kota Banjar mengaku untuk membuat akun saja dirinya kesulitan. “Iya kendalanya loading terus. Saya baru kali ini mencoba mengakses situsnya. Tujuan saya untuk bikin akun dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) serta poto pribadi tapi belim berhasil, keterangan di website sibuk,” kata Desi yang mengincar formasi jabatan di Dinas Perhubungan Kota Banjar.

Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) bagian administrasi verifikasi data penerimaan CPNS 2018 Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar Rony Septiadi menduga website BKN mengalami traffic jaringan. Sebab, satu laman website diakses oleh jutaan orang baik yang akan mendaftar, mengecek formasi, bahkan yang membuat akun pendaftaran.

“Hari ini pendaftaran online sudah resmi dibuka untuk beberapa kabupaten dan kota di Indonesia, termasuk Kota Banjar. Untuk kendala jaringan sendiri memang kami memantau langsung telah terjadi traffic jaringan dimungkinkan karena banyak yang mengakses laman itu,” kata Rony di ruang kerjanya.

Ia mengimbau pelamar CPNS terus mencoba kembali melakukan pendaftaran pada tengah malam. ”Prosesnya sebentar saja paling 15 menit juga selesai jika formasi CPNS sudah dipilih dan persyaratan sudah di input, selesai,” katanya.

Dia mengaku terus berkoordinasi dengan Panselnas BKN untuk permasalahan kendala jaringan ini. Selain meminta pelamar teliti dan bersabar dalam memilih formasi karena batas waktu pendaftaran cukup lama hingga 10 Oktober 2018. “Jangan terburu-buru sebab satu akun hanya bisa digunakan untuk satu formasi. Jadi satu pelamar hanya punya satu kesempatan menentukan formasi,” paparnya.

Sementara itu, hingga pukul 16.40 jumlah formasi CPNS di Kota Banjar sebanyak 319 formasi, baru 7 pelamar yang berhasil mendaftar. “Update sampai sore ini baru 7 berkas pelamar yang sudah masuk dari Kota Banjar. Kemungkinan dua tiga hari ke depan setelah jaringan stabil akan mulai banyak. Kita sudah menyiapkan tim verifikator untuk memverifikasi data pelamar,” katanya.

Kejadian sama juga dirasakan pelamar CPNS asal Pangandaran, mereka menyesalkan sulitnya mendaftarkan diri di website BKN. ”Jadi setiap kali mau mendaftar, situsnya sulit ke buka, padahal sinyal di sini bagus tapi loading-nya lama,” ungkap Agustina (23) kepada Radar, Rabu (26 9).

Irna Kurnia (21), juga mengalami hal yang sama. Dia mengaku setiap kali membuka formasi CPNS di Kabupaten Pangandaran tidak pernah muncul. ”Kalau daerah lain bisa dibuka, tapi setiap kali memilih Pangandaran, formasinya tidak pernah muncul,” jelasnya.

Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran Supendi menjelaskan sulitnya akses ke situs BKN akibat banyaknya user atau pengguna yang mencoba masuk ke situs BKN. ”Kami juga sudah mencoba, ternyata memang agak berat dan kadang-kadang blank,” terangnya.

Untuk formasi, kata dia, sudah di upload dan diverifikasi. “Mungkin pendaftarannya bisa dicoba pada malam hari, kalau siang hari mungkin server pusatnya penuh,” terangnya.

Sementara itu, pelamar CPNS asal Kabupaten Tasikmalaya Lia Sri Marliani SPd (30), sudah mencoba sebanyak lim akali login ke website BKN. Namun tetap saja tidak bisa mendaftar CPNS. ”Ini seperti menghalangi niat kami ingin daftar CPNS. Harusnya sudah diperkirakan sebelumnya,” terang dia.

Lia pun mempertanyakan kapan website BKN bisa mudah diakses, sehingga dirinya bisa segera membuat akun dan mendaftarkan diri. ”Harus dipastikan waktu mendaftar yang tepat itu kapan, jangan sampai kami dibuat kesal,” tandasnya. (rga/cep/den/dik)

loading...