Empat Bulan, Lahan Warga Tak Produktif

52
0
DIPERBAIKI. Tanggul di Sungai Cibanjaran, Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu mulai diperbaiki BPSDA Ciwulan-Cilaki, Selasa (26/3). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SUKARATU – Balai Pendayagunaan Sumber Daya Air (BPSDA) Ciwulan-Cilaki mulai memperbaiki tanggul jebol di Sungai Cibanjaran, Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu. Sebelumnya, tanggul tersebut jebol dan menyebabkan kolam serta pesawahan warga terendam.

Kepala Kerja Lapangan Perbaikan Tanggul Sungai Cibanjaran, Epul mengatakan perbaikan dilakukan dua minggu lalu dengan pemasangan bronjong. “Untuk tahap pertama kita pasang 100 bronjong. Nanti akan ditambah menjadi 300,” terangnya kepada Radar, Selasa (26/3).

Setelah pemasangan bronjong selesai, kata dia, tinggal pengerukan menggunakan alat berat. Supaya, aliran air kembali normal dan tidak mengganggu aktivitas pertanian.

Dede Tatang Solehudin (40), pemilik lahan yang terkena dampak meminta pembangunan tanggul tidak mudah rusak. Karena, sungai ini banyak material pasir pertambangan. “Tanggul ini sudah empat kali jebol. Mudah-mudahan kali ini tidak jebol lagi,” harapnya.

Akibatnya, kata dia, lahan warga yang terkena dampak menjadi tidak produktif. Sawah dan kolam dipenuhi material pasir dan lumpur. “Saya sudah empat bulan tidak bisa mengelola kolam dan sawah, karena harus dibersihkan dulu oleh alat berat. Mudah-mudahan setelah tanggul diperbaiki, lahan bisa dibersihkan dan kembali produktif,” tandasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.