Empat Siswa Asal Jepang Belajar di MAN Cipasung

1103
PELAJAR. Empat siswa asal Jepang akan menimba ilmu selama sembilan hari di MAN 2 Tasikmalaya dalam program pertukaran pelajar, Rabu (13/2). (Radika Roby Ramdani/radartasikmalaya.com)

SINGAPARNA – Empat siswa asal sekolah Shizouka Gakuin Jepang akan menimba ilmu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tasikmalaya, Cipasung selama sembilan hari. Pertukaran pelajar ini bertajuk Internasional Exchange 2019.

Kepala MAN 2 Tasikmalaya Dra Hj Neng Ida Nurhalida MPd mengatakan selain empat siswa, ada dua guru, komite dan kepala sekolah yang akan mengikuti kegiatan belajar di sini.

“Mereka di sini dari 11-19 Februari 2019 dengan berbagai kegiatan dan pengajaran yang akan diikuti. Program ini agenda rutin. Sebelumnya, MAN Cipasung pun kedatangan siswa dari Malaysia dan Thailand,” ujarnya kepada Radar di sekolahnya, kemarin.

Selama di Tasikmalaya, kata dia, mereka akan diperkenalkan kebudayaan Sunda, mulai dari permainan tradisional, pencak silat, adat istiadat Sunda, melukis payung geulis dan lainnya.

“Mereka juga akan diperkenalkan lingkungan di wilayah Jawa Barat, seperti berwisata ke kawasan Lembang Bandung,” bebernya.

Setelah ini, lanjut dia, pada Agustus 2019 giliran siswa MAN 2 Tasikmalaya yang akan menimba ilmu di Jepang.

“Di sana (Jepang), mereka harus bisa belajar tentang toleransi, bergaul dan tidak menjadi gagap budaya. Saya ingin mereka memiliki wawasan tanpa menghilangkan jati diri,” harapnya.

Selain itu, tambah dia, siswa yang berangkat ke Jepang harus pandai berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing dan mampu menampilkan kesenian tradisional. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.