Emuh Ingin Sembuh

5

BANJAR – Nasib pilu dialami Emuh (33) warga Dusun Karang Pucung RT 30 RW 10 Desa Balokang Kecamatan Banjar. Emuh divonis dokter menderita penyakit kanker kulit ganas stadium lV.

Sejak divonis menderita penyakit kanker kulit, Emuh sebagai tulang punggung keluarga sudah tak mampu menafkahi keluarganya (anak, istri dan orang tua).

“Saya pasrah dan bersabar, semoga ada uang mau membiayai pengobatan dari penyakit yang saya alami. Saya ingin sembuh. Saya sudah dua kali berobat ke runah sakit tapi belum ada perubahan juga,” kata Emuh Kamis (23/8).

Emuh saat ini hanya bisa bersabar dan pasrah dengan penyakit yang dideritanya. Akibat penyakitnya ini dirinya tidak lagi beraktivitas seperti orang pada umumnya.

Keterbatasan ekonomi yang dialami Emuh dan keluarga semakin menyulitkan dirinya melakukan pengobatan.

Jangankan berobat, untuk kebutuhan sehari-hari saja kini hanya ditopang oleh ibunya yang bekerja di sawah dan adiknya yang bekerja serabutan.

Dirinya berharap ada uluran tangan dari pemerintah ataupun dermawan untuk kesembuhan penyakitnya.

Yati, adik dari penderita kanker kulit ini menjelaskan awalnya kakaknya tidak mengeluh apapun dengan sakit tersebut.

Dua tahun terakhir kakaknya hanya mengalami gatal biasa dan tak dianggap sebagai penyakit serius.

Beberapa bulan lalu dia beserta keluarga mencoba memeriksakan Emuh ke RSUD Kota Banjar dengan mengandalkan Surat Keterangan Tak Mampu (SKTM).

Hasilnya, dokter memvonis kangker kulit ganas dan harus dirujuk ke RS Hasan Sadiki Bandung.

Demi kesembuhan sang kakak, dia dan istri iparnya lantas pergi ke RS Hasan Sadikin setelah mendapat rujukan dari dokter di RSUD Banjar.

Meski biaya pengobatan gratis, keluarga Emuh tak bisa bertahan dengan biaya kebutuhan untuk operasional dan makan sehari-hari di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat.

“Saya dan keluarga hanya bisa pasrah dan berdoa berharap bisa sembuh kembali. Setiap bulan harus melakukan kontrol ke Bandung, sedangkan biaya dari mana untuk makan aja susah,” kata Yati sambil meneteskan air mata. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.