Endus Kejanggalan Proyek 3 Miliar

1361
0
Firgiawan / Radar Tasikmalaya LAPORAN. KPAB dan FKMT melaporkan adanya dugaan kejanggalan proyek di Kampus Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya kepada Kasi Intel Kejari Kota Tasikmalaya Ahmad Patoni SH MH kemarin.

CIPEDES – Proyek Renovasi Gedung Lab Gizi, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya disoal terkait adanya dugaan penyalahgunaan wewenang serta perbuatan melawan hukum.
Hal tersebut dilaporkan Komunitas Peduli Anak Bangsa (KPAB) dan Forum Komunikasi Masyarakat Tasikmalaya (FKMT) Ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tasikmalaya.
Dalam laporannya dijelaskan bahwa pada pelaksanaan lelang umum renovasi gedung dua lantai di Jalan Cilolohan ini diduga terjadi permainan dan rekayasa untuk dapat dimenangkan oleh salah satu pihak (PT Tidar Sejahtera). Diduga dilakukan Unit Layanan Pengadaan (ULP), sehingga menyalahi aturan dengan adanya indikasi tindakan monopoli dan penyalahgunaan wewenang. “Kami menduga adanya monopoli jasa konstruksi dan persaingan usaha tidak sehat, selain kurangnya standar kelayakan dan standar awal secara prosedural sehingga tidak sesuai dengan planning konsultan”, ungkap Ketua KPAB Tantan Taufik di sela pelaporan, kepada wartawan, kemarin (23/11).
Menurutnya, dalam pelaksanaan pembangunan gedung yang menelan anggaran sebesar Rp 3.079.720.000 itu, seharusnya mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). “Sesuai aturan yang berlaku, bangunan gedung harus dilengkapi persyaratan administrasi dengan disetujui pemerintah daerah. Namun ini tidak ada,” tuturnya.
Untuk itu, pihaknya melaporkan pelaksanaan kegiatan renovasi gedung kepada Kejari agar segera dilakukan penyelidikan. Membentuk tim pencari fakta serta menerapkan hukum sesuai peraturan. “Saya harap pihak Kejari bisa menyelidiki dugaan ini,” tegasnya.
Kasi Intel Kejari Kota Tasikmalaya Ahmad Patoni SH MH akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan mengklarifikasi terlebih dahulu. Namun pelaksanaan bakal dilakukan satu bulan pasca kontrak kerja berakhir yakni setelah masa perawatan gedung. “Kita bisa turun itu sekitar awal Februari 2017, setelah 1 bulan masa pemeliharaan. Untuk mengklarifikasi dugaan-dugaan yang disampaikan,” terangnya.
Sementara itu, saat Radar mencoba konfirmasi kepada Bagian Administrasi Umum sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan pembangunan gedung laboratorium gizi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya H Endang Apandi melalui sambungan teleponnya diluar jangkauan. (igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.