Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.6%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

Enteng.. Masker & Cuci Tangan Bisa Cegah Corona

51
0
SOSIALISASI. Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk sosialisasi pencegahan virus corona kepada keluarga pasien di RSUD SMC, Jumat (14/2). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya terus mengantisipasi dan menangkal masuknya virus corona. Salah satunya melakukan sosialisasi dan pencegahan di masyarakat serta keluarga pasien RSUD SMC.

Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya dr H Heru Suharto MMkes mengatakan, pihaknya bergerak cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Baca juga : Pilbup Tasik 2020; Petahana Cukup Cuti , PNS & Anggota Dewan Harus Mengundurkan Diri

“Selain memasang spanduk di jalanan, kami melakukan sosialisasi cara pencegahan corona menyasar petugas medis, puskesmas, rumah sakit hingga masyarakat luas,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (14/2).

Heru menjelaskan, masyarakat harus tetap waspada terhadap setiap gejala demam yang disertai sesak napas. Maka dari itu, apabila ada gejala seperti itu segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat.

“Kemudian masyarakat harus membiasakan diri menggunakan masker, karena itu juga sebagai upaya pencegahan,” katanya, menjelaskan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengingatkan masyarakat agar membiasakan cuci tangan menggunakan sabun sebelum mengkonsumsi apapun. “Semua langkah pencegahan kita sarankan ke masyarakat. Sehingga masyarakat bisa hidup bersih sehat dan jauh dari virus-virus yang berbahaya, termasuk corona,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya pun telah memberikan penjelasan terkait gejala klinis terserang virus corona hingga cara pencegahannya kepada ratusan keluarga pasien yang hendak besuk. Tak hanya dijelaskan petugas, keluarga pasien juga mendapatkan selebaran berisi pencegahan corona untuk dibawa pulang.

Baca juga : Kondisi Pasar Cikurubuk Kota Tasik Amburadul

“Petugas memandu tata cara mencuci tangan yang benar agar terhindar dari berbagai virus. Selain itu juga memberikan hadiah cokelat untuk keluarga pasien yang bisa mempraktikkan cara cuci tangan dengan benar,” katanya.

“Hidup bersih dengan selalu mencuci tangan dan memakai masker bisa jadi solusi jitu mencegah virus corona dan virus lainya menyerang tubuh,” ujarnya, menambahkan.

Kabid Kemedikaan RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya dr Adi Widodo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan ruangan khusus untuk proses transfer rujukan pasien corona.

Namun, sejauh ini belum ditemukan pasien dengan gejala menyerupai corona. “Nantinya pasien dengan gejala corona akan dirujuk menuju rumah sakit Hasan Sadikin Bandung,” kata dia.

Lanjut dia, pemerintah Kabupaten Tasikmalaya juga memastikan ketersediaan masker dalam jumlah banyak yang bisa didapatkan di puskesmas, rumah sakit hingga apotek. “Kami akan terus menyosialisasikan serta bagi-bagi info terhadap masyarakat dan keluarga pasien terkait virus corona,” ucap dia. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.