Era Baru Mayasari Di Kancah Politik

560
0
KALUNGKAN SORBAN. Bakal Calon Bupati Tasikmalaya H Azies Rismaya Mahpud (ARM) menerima sorban dari kakak kandungnya H Ade Ruhyana Mahpud saat deklarasi di Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya Sabtu (23/11). Firgiawan/ Radar Tasikmalaya

TASIK – Keluarga Besar Mayasari secara resmi memandatkan putra terbaiknya H Azies Rismaya Mahpud (ARM) untuk terjun di kontestasi Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020 saat deklarasi di Gedung Islamic Center, Sabtu (23/11).

Berbagai kalangan seperti tokoh ulama, tokoh masyakarat politisi dan ormas/LSM terlihat hadir memenuhi undangan yang dihadiri ribuan massa tersebut.

Mewakili Keluarga Besar Mayasari, Ir H Ade Ruhyana Mahpud mengucap syukur atas kehadiran sejumlah tokoh dan tamu undangan dalam deklarasi pencalonan adiknya, H Azies Rismaya Mahpud (ARM) yang merupakan putra ketiga dari 8 bersaudara pasangan (alm) H Engkud Mahpud dan Hj Siti Muniroh.

H Ade menceritakan selama ini Mayasari dikenal sebagian masyarakat hanya bergerak di bidang transportasi saja. Kenyataannya, pendidikan, sosial, kesehatan dan bahkan politik pun turut serta sejak cikal bakal generasi Mayasari pertama. “Kita dirikan sekolah terpadu dari tingkat TK sampai SMA, termasuk perguruan tinggi di Tasikmalaya. Kesehatan pun, kita dirikan rumah sakit Islam dan dalam seluruh bidang usaha, 90 persen karyawan merupakan putra-putri Tasikmalaya,” ucapnya.

Termasuk rekam jejak dunia politik, kata H Ade, bukanlah hal baru atau sesuatu yang tabu bagi Keluarga Besar Mayasari. Apalagi sekadar ikut-ikutan dalam politik. Menurut H Ade, sejak zaman kakek-neneknya, dukungan politik dari keluarga Mayasari sudah benar-benar terwujud. “Nenek kami (Mak Iya, Red) sudah dikenal sebagai pendukung parpol Islam yang gigih dan berani. Tradisi pendukung parpol selama ini, dari Mak Iya, berpindah ke orang tua kami dan generasi selanjutnya,” kata Ade memaparkan.

Menurutnya, siapa pun tokoh yang berniat menyejahterakan masyarakat dan memajukan Tasikmalaya selalu didukung. Bahkan, tokoh politik kaliber nasional seperti Hamzah Haz, (alm) Zaenudin MZ, Amien Rais, Yusril Ihza Mahendra dan lainnya pernah mampir ke kediaman keluarga Mayasari di Cicurug untuk menyapa masyarakat. “Sekarang ini kami ingin perlihatkan bahwa kami pendukung parpol namun yang berbasis keislaman,” tuturnya.

Loading...

Memasuki reformasi, estapet kegiatan politik keluarga besar mulai berpindah terhadap penerus keluarga Mayasari. Meski selama ini masih di tataran pendukung, namun dalam perkembangan selanjutnya lambat laun berkembang. Adiknya, H Amir Mahpud kerap aktif tampil di PAN yang dimotori Amien Rais. Termasuk membidani beberapa parpol baru di Tasikmalaya. “Bahkan tak sedikit tokoh dibawa untuk silaturahmi di Tasik. Ini fase (era, Red) baru keluarga kami dalam kiprah politiknya,” ujar H Ade.

“Sejalan masuknya anggota keluarga dalam parpol, secara langsung dan tidak langsung memengaruhi penyikapan keluarga besar. Posisi keluarga yang selama ini pada titik pendukung berubah menjadi pengusung,” sambung Ade.

Pergeseran itu, kata dia, tak hanya karena aktifnya keluarga di salah satu parpol, tetapi banyaknya calon pemimpin daerah yang datang silaturahmi dan meminta dukungan terhadap keluarga.

Hal itu, lanjut Ade, ternyata berpengaruh terhadap sikap keluarga dalam memandang parpol. “Dibuktikan Pileg lalu, alhamdulillah berhasil mengusung generasi kami yakni M Husein Fadlulloh dan Fiman Alfarizi Ramadhan, Menyadarkan bahwa di keluarga kami muncul potensi yang bisa diusung menjadi pimpinan daerah atau perwakilan baik tingkat kota, provinsi mau pun pusat,” ucapnya. “Hal itu membuat kami semakin yakin di masa akan datang akan tampil sebagai pengusung,” katanya optimis.

Ade menceritakan munculnya ARM sebagai calon bupati, bukan hal tiba-tiba. Keluarga berkali-kali mendiskusikan dan mengkaji langkah tersebut. Termasuk meminta masukan dari berbagai tokoh agama dan cendikiawan. “Akhirnya kami sepakat dan ikhlas menghibahkan keluarga ini yakni ARM tampil sebagai cabup demi kemaslahatan masyarakat,” kata dia.

Generasi Ketiga Keluarga Mayasari Tiar Nabila Mahpud mengaku bersyukur atas mantapnya ARM melangkah melaju di perhelatan Pilkada 2020. “Selamat dan terima kasih terhadap paman saya, generasi kedua Mayasari Ayahanda H Azies, berkah bagi kita, sebab keluarga telah menghibahkan putra-putri terbaiknya untuk kepentingan masyarakat luas,” ujarnya.

Putra H Amir Mahpud tersebut mengatakan upaya keluarga mengusung ARM menambah catatan sejarah kepedulian Mayasari di berbagai kiprah, terbukti sejak lama dan bukan baru kemarin sore. “Insyaallah kami sedia dan menerima tugas ini dalam berbakti terhadap negara dan masyarakat,” kata dia.

Usai sambutan dari Tiar, prosesi pemandatan dilakukan langsung H Ade Ruhyana Mahpud terhadap ARM dengan simbol pengalungan sorban. ARM mengatakan momen ini bukanlah kebetulan. “Seperti yang kakak saya sampaikan H Ade, tidak mudah saya bisa berdiri di hadapan semuanya saat ini, dulu saya juga ditawari H Syarif, tapi tidak jadi. Mungkin takdir saya di sini saat ini,” ucapnya.

Ulama dari Ponpes Cipasung Kabupaten Tasikmalaya, KH Ubed Ubaidillah mendoakan langkah keluarga Mayasari dalam beribadah lebih luas lagi, menjadi pemimpin bagi masyarakat. “Saya kenal betul baik H Azies, G Ade dan H Aming, teman semasa muda. Maka di deklarasi ini, saya turut mendoakan apa yang keluarga Mayasari harapkan,” katanya.

Ai Nuryati (43), warga Desa Singasari Kecamatan Singaparna mengatakan turunnya keluarga Mayasari di Kabupaten Tasikmalaya diharapkan membawa perubahan signifikan. Terutama, kesejahteraan bagi masyarakat. “Mudah-mudahan karena finansialnya sudah cukup, bisa amanah dan tidak menghamburkan anggaran bagi rakyat,” ujarnya.

Hal sama dikatakan, Dadang Rusyadi (50), warga Mangunreja mengatakan kiprah Mayasari sudah dikenang warga Tasikmalaya sejak lama. Dia berharap apabila terjun langsung memegang kendali pemerintah, bisa lebih berkiprah lagi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. “Sudah pada tahu, aksi-aksi sosial dan kepedulian Mayasari selama ini cukup baik. Semoga ketika menjabat langsung pimpinan daerah, dapat lebih peduli lagi dengan kebijakan dan programnya,” harap dia. (igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.