Evaluasi Bentuk Bantuan Bencana

21
0

BANJAR – Kasus pemberian bantuan makanan yang sudah kedaluwarsa ke korban bencana alam di Langensari harus menjadi perhatian serius.

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Banjar Cecep Dani Sufyan, kepala Dinas Sosial harus bertanggung jawab dan meminta maaf secara langsung kepada dua keluarga yang mendapat bantuan tersebut.

“Ya sebagai pimpinan OPD jangan “cuci tangan”, harus bertanggung jawab meminta maaf secara langsung kepada korban yang menerima paket itu. Karena jelas itu malah terkesan sebuah penghinaan, bantuan yang diberikan kondisinya tidak layak konsumsi. Kita menyayangkan sekali kenapa bisa lalai seperti itu,” kata Cecep Jumat (20/12).

Kata dia, tak cukup menarik paket makanan yang kedaluwarsa kemudian menggantinya dengan makanan baru. Masyarakat trauma, apalagi korban bencana alam.

“Etika pemerintah jelas tercorang lah, saya heran kok bisa setingkat dinas tidak selektif dahulu dalam menyalurkan bantuan tersebut. Untungnya tidak ada korban,” ujarnya.

Cecep juga meminta bantuan untuk bencana alam dievaluasi. Bentuknya jangan lagi paket makanan yang disetok terlebih dahulu. Sebab, kata dia, bencana alam tidak bisa terjadwal dan diprediksi secara tepat.

“Jika itu paketnya langsung dari kementerian, kemungkinan untuk daerah lain juga bisa jadi kondisinya serupa kalau begitu. Ke depan kita berharap bantuan dari kementerian melalui provinsi itu berupa anggaran saja ke Dinsos, nanti Dinsos yang melakukan pengadaan barang makanannya di sini supaya kondisi makan-makanan itu fresh, tidak kedaluwarsa lagi,” ujarnya.

Sementara itu, setelah di-kroscek ke kantor Dinsos Kota Banjar, paket yang tersisa berjumlah 24 paket dari 26 paket.

“Ada sekitar 24 paket lagi, setelah kita cek lagi kita periksa memang rata-rata banyak yang kedaluwarsa. Tapi kita sudah usulkan untuk penghapusan ke kementerian, karena sudah tidak layak disalurkan lagi,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial P3A Kota Banjar Hani Supartini. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.