Evaluasi Pemanfaatan Gedung PKL

111
0
LENGANG. Gedung PKL 1 dan 2 di Jalan Guntur Kecamatan Garut sepi Kamis (4/7). Para pedagang kaki lima belum mengisi bangunan tersebut. Yana Taryana / Rakyat Garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan mengevaluasi gedung pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Guntur Kecamatan Garut. Gedung tersebut hingga kini belum dimanfaatkan para PKL.

“Tadinya gedung ini untuk memindahkan PKL dari wilayah Pengkolan (Jalan Ahmad Yani). Tapi sampai saat ini pedagang enggan pindah dari Pengkolan ke gedung itu,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan saat ditemui di rumahnya Kamis (4/7).

Pemerintah kabupaten, kata dia, sudah menuruti semua kemauan para PKL, seperti membuat Gedung PKL 1 dan 2. Selain itu, pemkab pun sudah memasang tralis di gedung tersebut seperti kemauan para pedagang. “Kami juga sudah melakukan promosi, supaya gedung PKL ini ramai dikunjungi pembeli,” ucapnya. Tak hanya itu, lanjut dia, pengelolaan gedung PKL sudah diserahkan kepada Lembaga Pedagang Kaki Lima Garut (LPKLG).

Meski berbagai upaya itu sudah dilakukan, tetapi para PKL tetap enggan pindah dari wilayah Pengkolan. Karena itu pihaknya akan melakukan evaluasi dan memanggil pengelola gedung PKL.

“Kami akan evaluasi kembali pihak pengelola dan mekanisme pengelolaannya. Ini dilakukan agar PKL mau menempati gedung yang sudah dibangun,” ujarnya.

Helmi menerangkan, selain evaluasi pihaknya juga akan terus melakukan penertiban PKL yang masih nekat berjualan di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Siliwangi. Wilayah tersebut kawasan tertib.

“Aturannya pun sudah jelas dalam Perda nomor 18 tahun 2017 tentang K3 (Kebersihan, Ketentraman dan Keindahan). PKL tidak boleh lagi berjualan di kawasan ini,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya terus melakukan imbauan dan sosialisasi peraturan tersebut. Jika para PKL masih terus nekat berjualan di kawasan tertib, maka pemerintah akan menindaknya sesuai aturan.

“Kami tegaskan melarang PKL jualan di kawasan Pengkolan. Satpol PP akan terus disiagakan melakukan patroli dari Alun-Alun Garut sampai pertigaan Jalan Ciledug,” tutur dia. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.