Evaluasi Pemilu Bersama Pemuda Lintas Agama

20
0
Ipa Hafsiah Ketua Bawaslu Garut Yana Taryana / Rakyat Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut melaksanakan evaluasi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bersama seratus pemuda perwakilan dari berbagai lintas agama di Fave Hotel Garut Selasa (24/12). Kegiatan itu sebagai bahan introspeksi dalam memperbaiki kinerja pada Pemilu yang akan datang.

“Jadi kami kumpulkan pemuda lintas agama di Garut ini sebagai refleksi dan evaluasi terkait hasil Pemilu 2019,” kata Ketua Bawaslu Garut Ipa Hafsiah usai kegiatan.

Khusus evaluasi, kata dia, melibatkan pemuda lintas agama yang sebelumnya telah ikut serta untuk menjaga dan menyukseskan Pemilu 2019. “Sesuai dasar hukum tentang Pemilu bahwa pengawasan itu tidak hanya Bawaslu, tapi melibatkan pengawasan partisipatif seperti pemuda lintas agama, sehingga Pemilu di Garut sukses tanpa ekses,” ujarnya.

Hasil Pemilu 2019, kata dia, ada beberapa penilaian dari masyarakat terkait tidak diprosesnya kasus temuan pelanggaran Pemilu. Padahal dia menyebut bahwa semua kasus telah diproses sesuai aturan yang berlaku. “Kita pun dari hal ini dapat masukan, saran. Apabila ada kekurangan dari pelaksanaan Pemilu kemarin, kita perbaiki ke depan,” ucapnya.

Ia menambahkan secara keseluruhan tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 dinilai lebih baik. “Di Garut ini tidak begitu kompleks seperti kota kabupaten lain. Kenapa? Karena Bawaslu Garut punya strateginya, yaitu selalu koordinasi dan komunikasi dengan pemangku kepentingan, tokoh agama, adat, budaya, TNI, Polri dan media juga,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.