Evaluasi Pemungutan Pajak

71
0
Wahidin Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya

INDIHIANG – Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Wahidin meminta Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Tasikmalaya membenahi sistem pemungutan pajak untuk menindaklanjuti keluhan dari Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi.

“Harus dibenahi sistem pemungutannya, bisa jadi dugaan serupa tidak hanya terjadi di kelurahan itu saja,” ucapnya saat ditemui Radar di ruang kerjanya, Selasa (23/7).

Dia mengakui, saat ini BPPRD tengah concern menggenjot target pajak salah satunya dari pajak bumi dan bangunan, perdesaan dan perkotaan (PBB-P2). Bahkan, sejumlah inovasi sudah dilakukan seperti pemotongan tambahan penghasilan pegawai (TPP) bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang belum membayar pajak tersebut. “Di sisi lain, harus dievaluasi juga pemungutannya. Sekarang juga kan sudah bisa online,” katanya.

“Namun, tagihan lama yang saat ini tertera di tagihan pajak baru harus dipikirkan solusinya. Ini memang sedang santer di publik,” tuturnya.

Politisi PAN itu mengatakan dengan adanya pencantuman tagihan pajak lama pada surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) 2019, sebetulnya upaya baik dalam mengingatkan wajib pajak (WP) yang mungkin belum membayar di tahun tertentu. “Kemudian, yang sudah bayar dan ternyata masih tertera di SPPT tahun ini bagaimana solusinya, itu perlu disosialisasikan, bagus memang sudah ada upaya mengonfirmasi WP terkait tunggakan yang belum dibayar,” kata Wahidin.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Ichwan Saffa mengimbau BPPRD untuk merespons keluhan warga. Kemudian mencari formulasi mengatasi persoalan dugaan tidak disetorkannya pajak ke kas daerah dari pemungut supaya tidak terulangi. “Harus diantisipasi, memang sekarang sudah ada sistem online masyarakat diberikan pilihan. Tetapi, tetap metode lama harus diperketat supaya tidak ada kecurigaan masyarakat dan pajak yang sudah disetorkan diterima kas daerah,” katanya. (igi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.