Exit Tol Cigatas Bisa Mengatrol Harga Properti

557
0
Istimewa BISNIS PROPERTI. Pengembang yang tergabung di REI Priangan Timur menyambut antusias rencana pembangunan exit tol di Kabupaten Tasikmalaya karena akan menggeliatkan bisnis perumahan.

TASIK – Rencana pembangunan exit tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) di Kabupaten Tasikmalaya menjadi angin segar bagi dunia bisnis properti. Hal ini diungkapkan Sekretaris Real Estat Indonesia (REI) Komisariat Priangan Timur H Indra Suhendra kepada Radar Rabu (19/6).

“Walaupun belum ada kepastian lokasi exit tol di Ciawi atau Singaparna, namun kami cukup antusias menunggu perkembangan pembangunan tol Cigatas ini,” ujar Direktur PT Marhamah Mandiri Jaya tersebut.

Menurutnya, keberadaan jalan tol akan membuat kawasan di sekitarnya menjadi hidup dan berkembang pesat yang kemudian melahirkan kebutuhan akan properti. “Terlebih di kawasan exit tol, saya memperkirakan pembangunan proyek properti di situ akan semakin marak,” katanya.

Lanjutnya, jenis properti yang cocok dibangun di kawasan exit tol antara lain perumahan, hotel dan komersial ruko. Perumahan, kata ia, akan menjadi instrumen investasi paling menjanjikan. Pasalnya, dengan pembangunan tol tentu akan banyak industri yang beroperasi. “Mereka mempekerjakan karyawan. Hal ini tentu saja mendorong kebutuhan rumah,” ujarnya.

Ia pun berharap, Tol Cigatas ini akan menjadi trigger peningkatan penjualan properti di Priangan Timur. “Terlebih di tengah kondisi bisnis properti yang masih lesu, kemunculan proyek Tol Cigatas ini menjadi harapan baru bagi para pengembang,” katanya.

Di sisi lain, kata ia, buntut dari pembangunan tol ini harga properti dan hunian di daerah-daerah yang dilewati transportasi massal dan tol bisa terdongkrak.

“Paling tidak, kenaikan harga properti ataupun kavling bisa terjadi dua kali. Pertama, saat ada rencana pembangunan. Lalu, kedua, setelah proyek jadi,” katanya.

Ia berharap, pemerintah segera memberi kepastian dan merealisasikan pembangunan exit tol di Kabupaten Tasikmalaya sehingga pengembang bisa mulai mengambil langkah dan ikut meramaikan geliat ekonomi di kawasan tersebut. “Perkembangan ekonomi, terutama properti, paralel dengan pembangunan infrastruktur terutama jalan tol,” pungkasnya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.