Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Fahrul Rozi Akan Lapor ke Komisi Yudisial

15
0
POLITIK. Fahrul Rozi, tokoh masyarakat Garut ditemui di kediamannya. Dia akan melapor ke Bawas MA dan Komisi Yudisial.

TAROGONG KIDUL – Fahrul Rozi, salah satu putra Garut yang diberhentikan bersama Ervin Luthfi dari Partai Gerindra berencana melaporkan hakim Pengadilan Negeri (PN) Jaksel ke Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA) dan Komisi Yudisial (KY). Laporan dilayangkan terkait putusan hakim yang mengabulkan gugatan Mulan Jameela.

“Dalam waktu dekat ini kami akan laporkan hakim ini ke Bawas MA dan KY,” ujarnya Fahrul Rozi kepada wartawan di rumahnya Minggu (6/10). Menurut dia, laporan didasari karena hakim PN Jaksel dianggap memberikan putusan yang melebihi kewenanganannya soal sengketa Pemilu.

Seharusnya, kata dia, sengketa Pemilu diselesaikan Mahkamah Konstitusi (MK), bukan Pengadilan Negeri. “Dia (hakim) pasti tahu dan mempelajari UU Pemilu. Tapi kenapa dia paksakan menyidangkan masalah itu,” ujarnya.

Dia mengaku merasa dirugikan karena mendapatkan imbas putusan yang mengabulkan tuntutan Mulan Jameela. Putusan hakim PN Jaksel pun dianggapnya tak mempertimbangkan dampak kepada pihak lain.

Selain itu, kata dia, hakim PN Jaksel seharusnya memanggil pihak yang terdampak dalam gugatan. Dalam hal ini, dirinya dan Ervin Luthfi. “Saat memutuskan harusnya bukan hanya tergugat dan penggugat yang dipanggil. Tapi harus pikirkan yang akan kena imbasnya. Itu tak dilakukan oleh hakim,” ujarnya.

Dua kesalahan hakim itu dinilai Fahrul fatal. Ia pun meminta agar Bawas MA dan KY bisa menyelidiki putusan hakim tersebut. “Dengan dua kesalahan itu sudah cukup jelas bahwa hakim melakukan kesalahan,” katanya.

Selain melakukan pelaporan, sebelumnya Fahrul juga telah menggugat PN Jaksel dan 39 pihak lain. Gugatan itu rencananya akan mulai disidangkan minggu depan. “Mereka ada yang minta ganti rugi, ada yang minta haknya dikembalikan,” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.