Fakultas Ekonomi Gelar Parade Riset Akuntansi

206
0
istimewa parade riset akuntansi. Fakultas Ekonomi Uniga bersama IAI menyelenggarakan Parade Resit Akuntansi di kampus Uniga pekan lalu.

GARUT – Bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Fakultas Ekonomi Universitas Garut menggelar Parade Riset Akuntansi di Aula Fakultas Ekonomi Uniga. Kegiatan yang diwarnai dengan Job Expo dan Entrepreneurship 2017 ini berlangsung selama tiga hari mulai Senin (27/11).
Ketua Panitia Parade Riset Akuntansi Dr Muslim Alkautsar SE MSi menerangkan kegiatan bertema Dukungan Pendidikan Tinggi dalam Mempercepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada Sektor Publik di Jawa Barat ini diikuti sekitar 300 dosen dan guru besar dari 13 universitas dan sekolah tinggi ternama dari dalam dan luar Pulau Jawa.
Ketua Ikatan Akuntan Indonesia KAPd Pusat Prof Dr Nunuy Nur Afiyah SE AK MSi sebagai pihak yang menginisiasi Parade Riset Akuntansi mengatakan kegiatan ini merupakan yang keduakalinya. Kegiatan pertama berlangsung tahun 2016 di Unpad. Dia mengatakan kegiatan yang menghadirkan riset-riset akuntansi hasil penelitian para akuntan pendidik (dosen akuntansi) dari seluruh perguruan tinggi di Jawa Barat tersebut digelar agar ilmu akuntansi lebih memberikan sumbangsih nyata terhadap bangsa dan negara.
”Tujuannya agar ilmu akuntansi lebih memberikan nilai terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara lewat riset-riset yang dilakukan akuntan pendidik (akademisi) di sejumlah perguruan tinggi bisa memberikan sumbangsih terhadap tatanan jalannya pemerintahan, terkait dengan pengelolaan keuangan negara,” harapnya.
Sementara itu, Direktur Centre for Sustainable Development Goals Studies (SDG’S) dan Guru Besar Universitas Padjadjaran Bandung Prof Dr Armida Alisjahbana mengatakan inti dari Parade riset akuntansi ini adalah menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. ”Artinya pembangunan itu luas dan riset akuntansi menjadi salah satu masukan untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan,” katanya.
Sedangkan Rektor Universitas Garut Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng menyebutkan riset akuntansi sangat penting dalam membantu pemerintah menciptakan good governance yang transpan dan akuntabel.
“Volume APBN kita Rp 2000 triliun. Itu jumlah yang sangat besar sehingga perlu partisipasi masyarakat untuk membantu pemerintah melakukan pengawasan diantaranya perguruan tinggi lewat ilmu akuntansinya,” kata dia.
Wakil Bu­pa­ti Garut dr H Helmi Bu­­diman mem­­berikan apresiasi atas ter­seleng­ga­ranya parade riset akuntansi di Universitas Garut. Dia ber­harap ha­sil­nya da­pat ber­manfaat dan mem­berikan kon­tribusi po­sitif ba­gi ja­­lannya pe­me­­rintahan, khususnya di K­a­­­bupaten Ga­­rut. (rls/lan)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.