Pemkab Akan Membangun Rumah Sakit di Garsela

133
0
Diskominfo untuk Rakyat Garut MENINJAU. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman meninjau lokasi untuk pembangunan rumah sakit tipe D di Kampung Pasir Laka Desa Mekarjaya Kecamatan Bungbulang kemarin.

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten Garut tahun ini akan membangun rumah sakit di wilayah selatan Garut, tepatnya di Kecamatan Bungbulang. Rencananya, rumah sakit tipe D ini akan dibangun di lahan seluas 2,3 hektare di Kampung Pasir Laka Desa Mekarjaya Kecamatan Bungbulang.

Anggaran yang dikeluarkan oleh Pemkab Garut untuk pembangunan rumah sakit yakni Rp 2 miliar. “Tahun ini akan segera dibangun. Saat ini baru proses perataan lokasi,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan Minggu (31/3).

Pembangunan rumah sakit tipe D di wilayah Garut Selatan (Garsela) untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat di wilayah selatan yang butuh pengobatan harus pergi ke perkotaan Garut untuk ke rumah sakit.

“Ini hasil pengajuan dari masyarakat yang sudah lama dan saat ini kita bangun,” terangnya.

Rumah sakit yang akan dibangun, nantinya bisa meng-cover masyarakat di beberapa kecamatan yang berdekatan, seperti Kecamatan Talegong, Caringin, Cisewu dan Bungbulang. “Awal kita bangun rumah sakit tipe D, nanti bisa dinaikan menjadi tipe C,” terangnya.

Pembangunan rumah sakit diharapkan bisa membantu memberikan pelayanan kesehatan di beberapa kecamatan terjauh. “Diharapkan rumah sakit ini jadi solusi pelayanan kesehatan di wilayah selatan Garut yang saat ini dikeluhkan warga,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Presidium Garut Selatan Dedi Kurniawan berterima kasih kepada Pemkab Garut yang akan membangunan rumah sakit di wilayah Garut Selatan. “Ini bentuk komitmen Pemkab Garut yang akan membangun fasilitas umum di wilayah Garut Selatan,” terangnya.

Menurut dia, dengan pembangunan satu rumah sakit di wilayah Bungbulang, maka keberadaan fasilitas kesehatan (Faskes) di Garut Selatan sudah memadai. “Wilayah Pameungpeuk sudah ada rumah sakit, sekarang mau ada di Bungbulang, jadi sudah lengkap,” terangnya.

Selanjutnya, kata dia, yakni pembangunan pendopo wilayah Garut Selatan. “Mudah-mudahan pembangunan pendopo segera direalisasikan sebelumnya Garut Selatan ditetapkan jadi DOB,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.