Fenomena Awan Berbentuk Gelombang Tsunami di Langit Makassar

108
0

Memasuki awal tahun baru 2019, fenomena awan menyerupai ombak terjadi di langit Kota Makassar. Hal itu tampak jelas di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa, 1 Januari 2019.

Peristiwa langka itu diketahui terjadi pagi hari, sekitar pukul 08.00 Wita. Awan yang bergerak dari Selatan ke Utara itu juga disertai hujan.

General Manager AirNav kantor cabang MATSC, Novy Pantaryanto, mengatakan jika fenomena awan itu tidak menganggu penerbangan di atas wilayah pengaturannya. Meski begitu, beberapa pesawat harus bertahan di atas sebelum mendarat.

Terpisah, Dwi Lestari Sanur, prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar menjelaskan bahwa fenomena awan yang menyerupai gelombang tsunami tersebut merupakan peristiwa alam yang dikenal dengan nama cell awan cumulonimbus.

Cell awan cumulonimbus yang cukup besar, kata Dwi, biasanya menimbulkan hujan deras disertai kilat atau petir juga angin kencang.

“Untuk periode luruhnya awan tersebut tergantung besarnya bisa hingga 1-2 jam,” kata Dwi via pesan singkat.

Menurutnya, dari hasil prakiraan BMKG, fenomena bentuk awan yang menyerupai gelombang ombak tinggi tersebut, saat ini pertumbuhannya juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Sulsel.

“Khususnya pesisir barat dan selatan,” Dwi menandaskan.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.