Ferdiansyah Serap Masukan Masyarakat tentang Kedaulatan Rakyat

28
0

TAWANG – Anggota MPR RI dari Golkar Ferdiansyah SE MM bersama perwakilan Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) menggelar Dengar Pendapat dengan mahasiswa dan unsur perwakilan masyarakat soal kedaulatan negara, di Aula FISIP, Unsil, Jumat (13/12).

Sekretaris Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsil yang juga pemateri dalam kegiatan menyerap aspirasi masyarakat, Taufik Nurrohman menjelaskan, dalam dengar pendapat dan serap aspirasi bersama mahasiswa dan perwakilan unsur masyarakat dibahas soal kedaulatan rakyat.

“Karena acaranya penyerapan aspirasi masyarakat, saya mewakili masyarakat akademik menyampaikan beberapa hal khususnya terkait dengan format pembagian kekuasaan negara,” jelas Taufik, kepada Radar, Jumat (13/12).

Kemudian, lanjut dia, menjelaskan mengenai kedudukan MPR yang berubah pasca amandemen.

Selanjutnya disampaikan juga harus adanya penguatan peran MPR karena MPR merupakan penjelmaan dari kedaulatan rakyat.

“Ketika kita mengkonstruksi negara ini sebagai negara demokrasi atau kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat, maka rakyat harus diposisikan sebagai pemilik negara,” terang dia.

Selanjutnya, tambah dia, jika salah satu semangat dari amandemen itu adalah checks and balances, maka masyarakat diajak berpikir kembali apa urgensinya checks and balances antara negara dengan rakyat, karena rakyat yang sebenarnya sebagai pemilik negara.

“Jadi jika ada kekhawatiran terjadinya kekuasaan yg absolut atau penyalahgunaan kekuasaan maka saya tawarkan beberapa solusi, pertama memperbaiki sistem kontestasi dalam pemilu, memperbaiki sistem rekrutmen politik dan kaderisasi parpol,” tambah dia.

Termasuk, membangun kompetensi anggota MPR dengan cara sertifikasi politisi. Politisi harus terhubung dengan kampus sebagai lembaga keilmuan.

Juga mampu membangun sistem perwakilan yang menginginkan relasi yang kuat antara wakil dengan yang diwakilinya.

Anggota MPR RI Ferdiansyah SE MM mengungkapkan dalam hal kedaulatan rakyat kekuasaan tertinggi dalam suatu negara berada di tangan rakyat.

“Dengan demikian, teori kedaulatan rakyat menyatakan bahwa menjadi dasar dari negara-negara demokrasi, termasuk Indonesia,” kata dia.

(diki setiawan)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.