Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.4%

7.3%

70.2%

FIKES Unigal Ciamis Kupas New Normal Melalui Seminar

94
0

CIAMIS – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Galuh (Unigal) Kabupaten Ciamis, menggelar Seminar Nasional dengan tema “The New Normal: How Adapt After Covid -19”.

Kegiatan yang digelar Sabtu (27/6) sekitar pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB ini, dilakukan secara virtual.

Narasumber diantaranya; dr Ina Agustina Isturini, MKM (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia), Winda Ratna Wulan, M.Kep., Sp.Kep. J (Perawat Speliasi Jiwa RSJ Provinsi Jabar), dr Eni Rochaeni (IDI Kabupaten Ciamis).

Dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Galuh Bapak Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs., M.Si.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Galuh (Unigal) Kabupaten Ciamis, Tita Rohita S.Kep., Ners., MM., M.Kep mengungkapkan, bahwa istilah New Normal saat ini sangat mudah ditemui masyarakat dalam berbagai platform media.

New Normal dikatakan sebagai cara hidup baru di tengah pandemi virus corona yang angka kesembuhannya makin meningkat.

Kebijakan new normal menuai berbagai respons dari masyarakat, yang pada akhirnya menimbulkan dampak yang beragam.

Adaptasi adalah sebuah sistem dalam penyesuaian diri dengan lingkungan dan menyesuaikan lingkungan dengan kebutuhannya.

Dari uraian di atas Fikes Unigal memandang perlu untuk meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan terkait dengan proses adaptasi di era New Normal ini.

“Kami FIKES Unigal sebagai salah satu Fakultas yang mengedepankan keunggulan dalam pelayanan komunitas tentunya merespon kondisi yang terjadi pada masa new normal ini,” katanya.

“Lantas, mengupas semuanya dalam bentuk seminar Nasional The New Normal: How Adapt After Covid -19 , untuk menyiapkan tenaga kesehatan dalam menghadapi era new normal ini. Serta bisa mengajak dan mengedukasi masyarakat luas untuk juga siap menghadapinya,” paparnya.

Latar belakang seminar ini dilakukan adalah diketahui bahwa sejak kasus infeksi virus corona terdeteksi di Indonesia pada Maret 2019, puluhan tenaga kesehatan turut menjadi korban meninggal dunia akibat terpapar virus ini.

Muncul kekhawatiran akan terjadi penularan yang lebih besar ketika beberapa daerah menerapkan era kenormalan baru atau new normal.

Beberapa daerah telah membuat aturan terkait penerapan new normal sambil terus melakukan upaya pencegahan COVID-19.

Masyarakat terlebih tenaga kesehatan diharapkan mengikuti aturan tersebut dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Keadaan new normal menjadi bagian yang tidak akan terpisahkan dari berbagai aspek kehidupan, seperti kesehatan, sosial, ekonomi, politik, psikologi dan lain sebagainya.

Selama pandemi setiap individu akan mengalami beberapa tahapan atau fase psikologis, dengan target akhir new normal.

Tahapan atau fase psikologis yang saat ini sedang dialami masyarakat adalah tahap disrupsi (perubahan berbagai pola hidup), tahap kebingungan dan ketidakpastian, hingga akhirnya tahap penerimaan atau menerima tanpa syarat terhadap kondisi yang ada berkaitan dengan pandemi ini.

Ditambahkan Ketua Panitia Pelaksana Siti Fatimah, SST., MM., M.Keb. Kegiatan Seminar Nasional yang diadakan oleh FIKES Unigal, dengan Tema “The new normal : How To Adapt After Covid-19”.

Tujuannya, adalah, ya meningkatkan pemahaman tenaga kesehatan dalam proses adaptasi era new normal.

Kedua, memberikan pengetahuan tentang kesiapan psikologis tenaga kesehatan dalam menghadapi new normal.

Ketiga, sharing knowledge bagi tenaga kesehatan dalam penanganan kasus covid-19.

Siti menambahkan, bahwa Grand Project yang dilaksanakan adalah event ilmiah dalam bidang Kesehatan bagi akademisi, praktisi, dan mahasiswa.

“Alhamdulillah peserta yang mengikuti seminar sesuai target, yaitu 500 orang dari berbagai Provinsi yang ada di wilayah Indonesia. diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua,” paparnya.

(iman s rahman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.