Film G30S/PKI di Pemkab Sepi Penonton

77
0

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya mengadakan nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI di Pendopo Baru kemarin (2/10).
Namun, pemutaran film yang disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer itu minim apresiasi dari para pegawai pemkab. Yang hadir kurang dari 30 orang. Padahal Bupati Uu Ruzhanul Ulum sudah menginstruksikan pegawainya untuk menyaksikan film bersejarah itu.
Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tasikmalaya Iwan Ridwan SIP menyatakan kemungkinan minimnya penonton itu, karena para pegawai pemkab sudah menonton film G30S/PKI di lingkungannya masing-masing. “Kita hanya mengetuk kesadaran saja. Tidak ada paksaan untuk ini. Dikembalikan kepada jiwanya masing-masing,” tuturnya kepada Radar, kemarin (2/10).
Dia menjelaskan pemutaran film tersebut ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan. Utamanya mengamalkan landasan Pancasila. “Tidak hanya melaksanakan seremonial upacara dan yang lainnya, yang lebih penting melaksanakan landasan-landasan Pancasila tersebut tertanam di jiwa,” papar Iwan.
Nasionalisme dan kebangsaan itu, kata dia, sangat penting dipegang oleh para pegawai negeri sipil (PNS) yang mengabdikan diri kepada negara. PNS bisa menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakat. “Jadi nila-nila nasionalime dan kebangsaan itu tidak hanya ditanamkan pada generasi muda ataupun siswa, pada PNS juga harus ditanamkan,” jelasnya. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.