Fokbi Populerkan Senam Kreasi Budaya

238
0
KOMPAK. DPC Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (Fokbi) Kota Tasaikmalaya berfoto bersama warga Perum Grand Mutiara Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum, Minggu (23/6). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

CIBEUREUM – Dewan Pimpinan Daerah (DPC) Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (Fokbi) Kota Tasikmalaya melaksanakan menyosialisasikan gerak senam bernuansa budaya di Perum Grand Mutiara Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum, Minggu (23/6).

Ketua DPC Fokbi Kota Tasikmalaya Rinliani alias Ibu Ocoh menerangkan, senam kreasi budaya itu memadukan gerak senam dan lagu daerah. Mengikuti senam tersebut, masyarakat tidak hanya sehat, tetapi juga lebih mengenal seni dan budaya Indonesia. Misalnya lagu “Gemu Fa Mi Re” atau yang lebih dikenal dengan “Maumere”. Ada juga senam lagu “Poco-Poco” dan senam “Tobelo”.

Menurut dia, peserta senam tersebut tidak dibatasi usia. Bahkan, sekolah-sekolah bisa memakai gerak senam kreasi budaya itu agar bisa dipelajari oleh para pelajar. “Adanya perpaduan-paduan jenis musik dan kreasi gerak nantinya anak muda bisa mengikuti geraknya. Ingin melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia juga,” kata Ibu Ocoh.

Sekretaris DPC Fokbi Kota Tasikmalaya Fegie Rizkia Mulyana MPd menyatakan, pihaknya akan terus berkontribusi untuk mengembangkan senam bernuansa budaya di Kota Resik. Pihaknya juga sudah menyiapkan program latihan khusus menghadapi lomba Poco-Poco klasik se-Jawa Barat pada 20 Oktober mendatang. “Dalam peningkatan internal atau pengurus sudah meningkatkan kompetensi dan maksimalkan pengurus secara administratif atau skill-nya dalam dunia persenaman,” katanya.

Fuji (31), salah seorang peserta senam dari Perum Grand Mutiara senang mengikuti senam tersebut lantaran membuat badan lebih segar. “Senam kreasi budaya ini bagus dan gerakannya mudah diikuti. Selain itu, bagi pemula cocok,” katanya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.