Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.9%

2.5%

26.4%

2.6%

50.1%

0.1%

8.7%

0%
Forum OSIS Jawa Barat Gelar Seminar untuk Tingkatkan Motivasi Siswa

Fokus Cegah Mental Block

20
0
SEMINAR. Forum Osis Jawa Barat menggelar Seminar Motivasi Mental Block di Pendopo Singaparna, Minggu (17/11). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Ratusan siswa yang tergabung dalam Forum OSIS Jawa Barat wilayah XII mengikuti Seminar Mental Block di Pendopo Baru Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (17/11). Kegiatan tersebut untuk memberikan motivasi kepada para siswa dalam meningkatkan prestasi.

Ketua Umum Forum OSIS Jawa Barat Nur Rohman mengatakan, kegiatan ini menggandeng Khalifah Clenaing Centre guna meningkatkan soft skill para siswa di Jawa Barat. Sehingga bisa memotivasi dalam menjalankan organisasi dan pendidikan dengan penuh semangat untuk mencapai prestasi.

“Berkaca dari beberapa siswa yang sudah mengikuti seminar ini, mereka bisa lebih semangat lagi dalam belajar dan berorganisasi. Yang tadinya memiliki beban masalah, namun sekarang semua masalah bisa diselesaikan,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Rohman menyebutkan mental block merupakan penyakit mental yang dapat menghambat perkembangan diri. Rasa takut, mudah menyerah merupakan beberapa contoh mental block yang mensabotase diri secara perlahan dan tidak terasa.

Kata dia, jika tidak diatasi sangat berbahaya bagi perkembangan diri yang tentunya dapat merambat ke berbagai aspek lain, seperti sosial. “Misalnya seseorang itu berbakat namun dia anti kritik dan keras kepala, merasa dirinya paling benar. Tentunya orang ini akan bermasalah di aspek sosialnya dan orang lain tidak akan suka apalagi bekerja sama dengannya,” katanya.

Jelas dia, ada cara yang cukup efektif untuk mengatasinya. Yakni dengan belajar menjadi pribadi yang lebih terbuka. “Kita akan antusias jika ada yang memberi kritik yang membangun, kita pun akan menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan sadar akan kekurangan,” katanya.

Lanjut dia, sebetulnya orang yang hidupnya penuh mental block itu biasanya krisis percaya diri. Dengan demikian penting juga meningkatkan rasa percaya diri dengan lebih mengenal diri sendiri dan mendapatkan berbagai motivasi untuk terus berkembang. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini para siswa bisa terlepas dari mental block dan lebih termotivasi sehingga lebih percaya diri lagi,” ucapnya.

Ketua Panitia Seminar Mental Block Hamda Nilan mengatakan, se­lain memberikan motivasi ke­pada para siswa, pihaknya juga menye­lenggarakan penampilan budaya daerah. Itu dilakukan sebagai bentuk meles­tarikan budaya tradisional di generasi muda. “Kita juga ingin mem­perkenalkan budaya daerah kepada pelajar di Jawa Barat,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengenalkan tentang Forum OSIS Jawa Barat dan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan seperti Jambore OSIS dan Festival Pelajar. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.