Beranda Edukasi Fokus Mengembangkan Budaya

Fokus Mengembangkan Budaya

144
BERBAGI

TASIK – SMK Seni Budaya Tasikmalaya fokus mengembangkan budaya kearifan lokal. Hal itu sesuai visi sekolah yakni Mencerdaskan Anak di Bidang Seni Budaya yang Berwawasan Kebangsaan, Berdasarkan Iman dan Takwa serta Melestarikan dan Mengangkat Kearifan Seni Budaya Bangsa Menuju Pentas Nasional dan Internasional.
Wakasek Kurikulum SMK Seni Budaya Tasikmalaya Suci Inayati SPd menuturkan sekolahnya memiliki bidang keahlian seni pertunjukan dengan jurusan karawitan. Dalam kurikulum pihaknya bekerja sama dengan salah satu SMK di Bandung. ”Seni pertunjukan karawitan dibagi dalam beberapa bidang, yakni ada seni suara yang nantinya melahirkan pada penyanyi tradisional, sinden dan lainnya. Bidang musik mempelajari musik tradisional sunda. Untuk mendukung program seni pagelaran ini, ada program manajemen dan seni manajemen tata rias,” terang Suci Rabu (11/4).
Dalam teknik manajemen ini juga dipelajari teknik pentas. Ada manajemen seni pertunjukan, kostum dan make up. ”Alhamdulillah meskipun baru tiga tahun berdiri, tapi peserta didik kami sudah punya panggung masing-masing baik di masyarakat maupun kedinasan,” tuturnya.
Kata dia, sekolahnya juga mempunyai unit produksi sanggar seni yang dikelola siswa. Dengan kompetensi yang diajarkan, Suci berharap sanggar seni sekolahnya bisa makin berkembang.
SEKOLAH MODEL
Dalam kesempatan yang sama, Wakasek Kurikulum SMK Terpadu Al Ikhwan Tasikmalaya Dessy Syam FE SPd, MPd mengatakan sekolahnya merupakan sekolah model. Sekolah model menerapkan pemetaan mutu terhadap 8 standar nasional pendidikan.
“Jadi sekolah model ini ada di bawah Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Barat, dimana budaya mutu ini tujuannya adalah pembentukan karakter siswa yang mandiri, inovatif dan kreatif,” terang Dessy Rabu (11/4).
Dessy menjelaskan sekolahnya memiliki beberapa program unggulan, salah satunya dalam kurikulum. Sekolahnya memadukan kurikulum pesantren dan Dinas Pendidikan dengan boarding school. “Karena kemampuan bahasa ini penting apalagi menghadapi MEA sekarang ini,” ujarnya.
Sementara itu, tambah Dessy, ada beberapa ekskul yang dikembang di sekolahnya. Diantaranya tahfiz Alquran, kesenian, robotik dan lainnya. “Agar tidak jenuh kami juga ada kegiatan kreativitas seni santri setiap satu minggu satu kali,” ungkapnya.
BENTUK SISWA PROFESIONAL
Sementara itu, Kepala SMK Duta Pratama Indonesia Tasikmalaya Berta Widiastuti SPd mengatakan SMK Duta Pratama Indonesia Tasikmalaya memiliki beberapa program unggulan. Program unggulan yang dikembangkan mengarah kepada visi dan misi sekolah yakni Mencetak Siswa yang Profesional di Kompetensi Keahliannya juga Memiliki Akhlak Karimah dan Berwawasan Internasional.
“Program unggulan yang mengarah ke profesionalisme siswa, setiap jurusan memiliki unit produksi, seperti Jurusan Farmasi ada rumah karya farmasi,” terang Berta saat mengisi talkshow Bincang Radar Rabu (11/4).
Sedangkan unit produksi dari Jurusan Perawat ada nursing art yakni seni dalam merawat. Setiap satu bulan sekali sekolahnya pun mengadakan roadshow ke tempat ramai untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis.
Selain itu, tambah dia, sekolahnya juga memiliki program unggulan untuk setiap jenjang. Seperti goal setting. ”Ini khusus kelas X agar mereka saat masuk sekolah terarah, punya tujuan yang jelas dan cita-cita,” ungkapnya.
Sedangkan untuk kelas XII, ada working readiness yakni pelatihan terkait kesiapan kerja tentang bagaimana membentuk mental siswa siap kerja. Siswa juga dibekali ilmu terkait teknis membuat lamaran, CV dan lainnya. ”Jadi biasanya adminitrasi ini hal pertama yang dilihat perusahaan sehingga harus berkesan, oleh karena itu kita latih siswa agar bisa membuat lamaran dan CV yang benar dan baik,” terang Dessy.
Berbagai program unggulan ini diberikan agar siswanya siap terjun ke masyarakat. Bukan hanya berbekal kompetensi, tapi juga skill lainnya.
Dessy berharap ada perubahan mindset bahwa saat lulus SMK bukan hanya menjadi karyawan, tapi juga bisa membuka usaha sendiri. (ais)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.