Fokus Penguatan Pendidikan Karakter

65
0
FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA TALK SHOW. Kepala SDN 1 Mangkubumi Yani Yuliani SPd MPd saat Talk Show di Studio Radar TV Rabu (27/11).

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Mangkubumi fokus pada pendidikan karakter siswa dan membentuk sekolah berbudaya lingkungan. Sehingga adanya peningkatan budaya bersih, tertib, indah dan aman di lingkungan sekolah.

Kepala SDN 1 Mangkubumi Yani Yuliani SPd MPd mengatakan proses pembentukan karakter diawali dengan pembiasaan penguatan pendidikan karakter (PPK) yang terdiri dari 18 poin di antaranya religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas dan lainnya.

Lanjutnya, kegiatan budaya sekolah yang dikembangkan di sekolahnya seperti gerakan literasi sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, menetapkan kegiatan pembiasaan pada awal dan akhir kegiatan belajar mengajar, sekolah ramah anak, sekolah berbudaya lingkungan dan sekolah sehat berkarakter.

“Sejak dini siswa ditanamkan pendidikan karakter. Melalui 18 nilai-nilai karakter ini bisa terbentuk pola pikir positif, sehingga di masa depannya akan menjadi manusia yang bermoral, taat agama dan pancasilais,” katanya saat Talk Show di Studio Radar TV Rabu (27/11).

Pihaknya juga berupaya menciptakan sekolah yang berbudaya lingkungan dengan nilai-nilai kesadaran dan kepedulian terhadap pemeliharaan serta pengelolaan hidup bersih dan sehat.

“Kita sedang melakukan pendidikan karakter berbasis budaya lingkungan dengan mencintai tanaman sekitarnya. Misalnya, pada saat kemarau anak mesti peduli tanaman di sekolah dengan membawa air bekas cucian beras setiap harinya,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan pembiasaan lain seperti upacara bendera, salat duha, berdoa sebelum belajar dan sesudah belajar, menyanyikan lagu nasional, bakti sosial, guru menyambut kedatangan anak di gerbang sekolah sambil menjabat tangan dan lainnya.

“Tugas kami bukan hanya mendidik saja, namun membentuk karakter-karakter positif sehingga menghasilkan lulusan yang dapat dipercaya oleh masyarakat, mampu menjaga nama baik orang tua dan almamater,” harapnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.