Fokus Saja di Eropa

100
0

AKHIR pekan ini WIB (27/5), kompetisi Eropa akan ditutup dengan final Liga Champions. Tidak ada liburan bagi penggawa Real Madrid dan Liverpool, dua klub finalisnya. Mereka bakal balik ke negaranya masing-masing sebelum terbang ke Piala Dunia 2018, bulan depan.

Hampir 11 ribu kilometer. Ya, sejauh itulah jarak yang harus ditempuh pemain dari Brasil di skuat Real Madrid dan Liverpool. Di Real ada Marcelo dan Casemiro. Dan, Liverpool diwakili Roberto Firmino. Kedua klub itu bahkan pernah patungan menyewa jet pribadi supaya pemain-pemainnya dari Brasil kembali ke Eropa lebih awal, saat kualifikasi lalu.

Nah, kali ini Real dan Liverpool tak perlu keluar banyak uang demi menyewa jet pribadi bagi pemain-pemainnya. Karena, Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) tidak meminta tiga pemain itu untuk langsung terbang ke Rio de Janeiro, Brasil, melakoni sesi pemusatan latihan di Granja Comary, Teresopolis.

Kemarin WIB (23/5) Thiago Silva dkk sudah melakoni sesi latihan perdananya di Granja Comary. Setelah final di Kiev rampung, ketiga pemain Brasil itu akan langsung terbang menuju ke London, Inggris. Karena, di sanalah Canarinho – julukan timnas Brasil – akan menjalani sesi latihan lanjutan.

Mereka cukup terbang 2100 kilometer, atau lebih pendek lima kali lipatnya. “Karena, ini momen spesial mereka (Firmino, Marcelo dan Casemiro). Kami pun ingin mereka bisa kembali bersama kami dengan kondisi yang spesial,” sebut Koordinator CBF Edu Gaspar, diwawancarai Sambafoot.

Brasil akan melakukan pemusatan latihan di London. Itu dilakukan sebagai persiapannya sebelum melakoni laga uji coba pertamanya menghadapi Kroasia, di Anfield, Liverpool, pada 4 Juni mendatang WIB.

“Demi keamanan dan kenyamanan pemain kami keputusan ini (melakoni pemusatan latihan di Eropa) kami ambil. Apalagi melihat sebanyak apa laga yang mereka jalani musim ini,” tutur Gaspar.

Minggu waktu Rio de Janeiro skuat Brasil direncanakan terbang ke London. Brasil tidak satu-satunya negara dari luar Eropa yang menjalani sesi latihannya di Benua Biru. Hal yang tak jauh beda pun diambil oleh Federasi Sepak Bola Mesir (EFA). Essam El-Hadary dkk bahkan di Stadion Internasional Kairo, Senin malam waktu setempat (21/5) sudah memulai sesi latihan.

“Selain Mo Salah, Ahmed Elmohamady (bek Aston Villa) juga akan datang menyusul ke sesi latihan kami,” sebut EFA, dalam pernyataan resmi di akun Facebook-nya.

Selepas final, dia akan langsung terbang menuju Bergamo, kota di sebelah timur laut Milan. Di sanalah Salah dan rekan-rekannya menjalani pemusatan latihan sementara.

Pada 1 Juni WIB, Salah bersama timnas Mesir akan melakoni laga uji coba kedua kontra Kolombia di Stadion Atleti Azzuri d’Italia. Selain Mesir, Senegal negara Afrika lain yang dalam masa persiapan Piala Dunia-nya kali ini berlangsung di Eropa. Dan, Prancis negara yang sudah mereka pilih sebagai tempat kamp-nya di Eropa sebelum terbang ke Moskow.

Dilansir situs African Football, Sadio Mane dkk memulai sesi pemusatan latihannya saat awal pekan depan (29/5). Skuat yang dibesut Aliou Cisse itu akan meninggalkan resort yang di luar kota Dakar – resort tempat pemusatan latihan timnas Senegal sebelumnya – lalu terbang ke Vittel, kota kecil yang ada di timur laut Prancis. (ren/jpg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.