Fokus Tekan Pengangguran

83
TALKSHOW. Kepala Desa Pusparaja Sahrul Mubarok (dua dari kiri) menjelaskan program dana desa pada talkshow Bincang Radar di Radar TV Kamis (29/11).

TASIK – Pemerintah Desa Pusparaja Kecamatan Cigalontang tahun depan fokus menekan angka pengangguran. Dengan menyiapkan alokasi anggaran dana desa (DD) untuk pemberdayaan masyarakat. “Pemberdayaan yang kita siapkan adalah pelatihan wirausaha seperti kerajinan terhadap pemuda pengangguran.

Sehingga generasi muda yang ada di desa memiliki daya saing untuk menjalani hidup mandiri,” ujar Kepala Desa Pusparaja Sahrul Mubarok usai talkshow Bincang Radar di Radar TV, Kamis (29/11).

Kata dia, memang di wilayahnya sangat minim sekali lapangan pekerjaan. Sehingga para pemuda pergi ke luar kota untuk mencari penghasilan. Sedangkan yang bertahan di desa masih bergelut dengan pengangguran karena minimnya keterampilan. “Maka dari itu para pemuda ini akan kita berikan pelatihan keterampilan membuat kerajinan supaya memiliki keahlian dalam mendapatkan penghasilan di kampung halamannya,” terangnya.

Lanjut dia, untuk kerajinan seperti membuat sapu, topi, piring terbuat dari lidi dan lainnya. “Nanti hasilnya akan ditampung BUMDes dan dijual ke pasar-pasar tradisional,” pungkasnya. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.