Fokus Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

90
0
DAPAT PENGHARGAAN. Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan dr Faisal Soeparyanto menerima penghargaan dalam rangka peringatan HUT Korpri di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (29/11). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya terus melaksanakan berbagai program dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Berbagai upaya tersebut diganjar penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya dr Faisal Soeparyanto menjelaskan, di November 2019 ini DKPP berhasil meraih tiga penghargaan dari Kemenkes RI.

“Penghargaan Swasti Saba Padapa 2019, sebagai Kabupaten Kota Sehat (KKS). Kedua, penghargaan terbaik kedua di Jawa Barat tentang percepatan desa ODF (Open Defaction Free) atau terbebas dari BABS (Buang Air Besar Sembarangan) dan ketiga sertifikat eliminasi penyakit malaria,” ujarnya kepada Radar usai Upacara Peringatan HUT Korpi, Jumat (29/11).

Kata dia, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Karena, Kabupaten Tasikmalaya dinilai serius dan berkelanjutan melaksanakan program-program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. “Dalam upaya kita untuk mewujudkan kondisi kabupaten/kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat,” katanya.

Kata dia, untuk penghargaan Swasti Saba diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten telah menunjukkan kepedulian dan memberikan banyak kontribusi serta komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

Kemudian, kata dia, untuk penghargaan ODF pihaknya sudah mampu membangun desa ODF, dari jumlah desa yang ada, ODF sudah mencakup 45 persennya sehingga menempatkan Kabupaten Tasikmalaya di urutan kedua di Jawa Barat setelah Karawang dalam upaya percepatan desa ODF.

Loading...

Capaian kemajuan lain yang sangat membanggakan, jelas Faisal, belum lama ini pemerintah pusat memberikan sertifikat eliminasi malaria setelah semenjak 25 tahun Kabupaten Tasikmalaya ini ditetapkan sebagai daerah yang diwaspadai wabah malaria.

“Intinya, masyarakat maupun turis yang akan memasuki ke satu daerah di Kabupaten Tasikmalaya, tidak perlu lagi khawatir akan terjangkit wabah malaria. Meskipun ke­waspadaan diri itu tetap harus dijaga,” ucapnya.

Plh Sekda Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iin Aminudin MSi memberikan apresiasi kepada DKPP yang meraih tiga penghargaan di November dari pemerintah pusat.

“Harus dijadikan motivasi bagi program-program di dinas, badan dan kantor lainnya untuk meraih penghargaan dalam upaya pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Iin. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.