Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.7%

Fokus Tingkatkan Kualitas Perencanaan

45
0
Dr H Iwan Saputra SE MSi

TASIK – Perencanaan merupakan bagian penting dalam menjalankan suatu program atau pembangunan dalam pemerintah daerah. Keberhasilan suatu program akan ditentukan dari matangnya perencanaan yang dilakukan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tasikmalaya Dr H Iwan Saputra SE MSi mengatakan, pihaknya saat ini fokus dalam peningkatan kualitas perencanaan daerah. Sehingga tidak ada lagi kegagalan program akibat buruknya perencanaan yang dilakukan.

“Perencanaan itu harus terintegrasi antara perencanaan dengan penganggaran yang berbasis elektronik. Sehingga ke depan dengan terintegrasinya e-planing dan e-budgeting tidak akan ditemukan lagi kegiatan yang diluar dokumen perencanaan,” ujarnya kepada Radar, Rabu (18/12).

Kata dia, perencanaan berbasis elektronik ini akan memudahkan seluruh stakeholder dan perangkat daerah untuk memanfaatkan dokumen perencanaan. Termasuk masyarakat, DPRD, auditor dalam melaksanakan tugas pengawasan bisa lebih memudahkan ketika melihat perencanaan berbasis elektronik.

“Masyarakat bisa ikut mengawasi dan menelusuri dokumen perencanaan. Nantinya akan bisa diakses oleh publik melalui sistem informasi perencanaan. Termasuk aparat penegak hukum, jadi semuanya bisa termonitor dengan baik,” katanya, menjelaskan.

Peningkatan kualitas perencanaan, kata dia, menjadi bagian salah satu program kegiatan yang menjadi prioritas di Bappeda untuk tahun ini. Dengan demikian, program-program yang dilaksanakan SKPD bisa melalui perencanaan yang matang dan hasilnya bermanfaat bagi masyarakat. “Ke depan, perangkat daerah harus lebih akurat lagi menentukan indikator kinerjanya dalam melaksanakan suatu kegiatan,” harapnya. (yfi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.