Formasi Guru Banyak yang Lolos

135
Gungun Pahlagunara

BUNGURSARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya masih menunggu kepastian nasib para pelamar formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Dari informasi yang diterima, kemungkinan besar dalam penentuan calon peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bakal dilakukan sistem perankingan. Tidak lagi mengacu passing grade hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

“Kita masih menunggu, infor­masi terakhir itu Kemenpan-RB akan menandatangani keputusannya seperti apa. Informasi terakhir akan digunakan sistem perankingan. Tapi itu belum final,” ujar Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kota Tasikmalaya Gungun Pahlagunara kepada Radar, Rabu (21/11).

Menurutnya, hasil SKD lalu, dari 277 formasi hanya terpenuhi 90 formasi saja, peserta seleksi yang memenuhi passing grade. Otomatis terdapat sekitar 180 formasi yang tidak terisi. Apabila sistem perankingan dilakukan, keseluruhan kebutuhan bakal terpenuhi.

Sebab, dalam melanjutkan ke tahapan SKB, rumusnya 1 kali 3 formasi dari jumlah peserta yang lolos nilai ambang batas SKD. “Kalau perankingan itu nantinya misal dari satu formasi ada enam peserta yang lolos. Tiga terakhir itu dialihkan ke formasi lain. Supaya, fair, didahulukan dulu yang sudah memenuhi passing grade,” terang dia.

Gungun menjelaskan dari hasil analisis, peserta yang memenuhi passing grade berasal dari formasi guru. Mengingat posisi jabatan tersebut mendominasi jumlah persentase kuota formasi sekitar 60 persen. “Kebanyakan itu yang lolos di formasi guru. Memang kita banyak formasi di sana, hampir 60 persenan. Otomatis paling besar peluang peserta yang memenuhi SKD di sana,” jelasnya.

Di sisi lain, kata Gungun, berita baiknya lokasi pelaksanaan SKB wilayah Priangan Timur kembali dilaksanakan di Kota Tasikmalaya. Sebab, penilaian Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung mengakui pelaksanaan di Kota Resik terbilang sukses. “Ya alhamdulillahnya, hasil komunikasi dengan Kepala Kanreg III BKN, SKB kembali dilaksanakan di Kota Tasikmalaya. Direncanakan dalam jadwal itu pada 27 November, kita juga menunggu tindak lanjut persiapannya minggu ini,” beber dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.