Formasi Guru Bawa Sertifikat Pendidik

134
UNTUK PESERTA. Meja untuk peserta tes seleksi kompetensi bidang (SKB) berjejer di Gedung Serbaguna Bale Kota.

BUNGURSARI – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi instansi se-Priangan Timur akan berlangsung 8 sampai dengan 12 Desember mendatang.

Kamis sore (6/12), petugas sudah menyiapkan sarana untuk pelaksanaan tes di Gedung Serbaguna Bale Kota. Mereka menyiapkan kursi dan meja. Gedung tersebut kembali menjadi salah satu lokasi pelaksanaan SKB.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tasikmalaya Gungun Pahlagunara menjelaskan 595 peserta harus bersiap diri mengingat formasi bagi Kota Resik ini kembali mendapat jatah di hari pertama, Sabtu (8/12).

“Sesuai jadwal, untuk peserta bagi formasi Kota Tasikmalaya paling awal. Yakni sesi 1 sampai dengan 3,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (6/12).

Menurutnya, tes tersebut berlangsung sejak pagi. Setiap sesi, berdurasi sekitar 90 menit dengan sekitar 241 unit komputer yang disediakan selama 5 hari.

“Jadi peserta lebih sedikit dibanding SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) lalu. Kita harap persiapan juga tidak terlalu mepet, karena sore ini sudah drop peralatan,” terang dia.

Gungun menginformasikan bagi peserta seleksi pada formasi jabatan guru, diwajibkan memiliki sertifikat pendidik yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dan Pendidikan Tinggi atau Kementerian Agama.

“Ada beberapa ketentuan yang harus diikuti peserta, terutama validasi keabsahan dan linieritas sertifikasi. Peserta harus membawa dokumen asli dan fotokopi yang dilegalisir di sekretariat BKPPD, sudah mulai bisa dilaksanakan hari ini, paling lambat saat registrasi sebelum SKB,” papar Gungun.

Apabila sertifikat pendidik yang dimiliki peserta tidak valid atau linier, kata dia, nilai SKB akan menyesuaikan dengan nilai raihan pada seleksi tersebut.

“Yang sudah linier dan valid, hasilnya akan disampaikan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) kemudian diberikan nilai SKB secara penuh terhadap peserta tersebut. Sementara yang tidak, otomatis sesuai raihan seleksi saja,” ungkapnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.