Formasi Tanamkan Budaya Literasi di Sekolah

75
0

TASIK – Forum Remaja Literasi (Formasi) MAN 2 Tasikmalaya membuka rekrutmen bagi para siswa kelas X, XI, XII di sekolahnya, Jumat (19/7). Hal itu bertujuan untuk terus membudayakan literasi di kalangan siswa.

Ketua Formasi MAN 2 Tasikmalaya Asy’ari Muhammad Fahmi mengatakan, sebagai madrasah yang memiliki minat dan daya membaca yang tinggi, ia ingin mewujudkan madrasah ramah anak berbasis literasi.

“Kami ingin menghidupkan perpustakaan sebagai jantung madrasah. Kemudian ingin merangkul anggota untuk bersama-sama membangun minat baca dan menambah wawasan melalui forum diskusi dan komunikasi,” ujarnya kepada Radar.

Maka dari itu, kata dia, pihaknya membuka rekrutmen bagi para siswa MAN 2 Tasikmalaya yang menginginkan untuk bergabung dengan Formasi dan memiliki dedikasi tinggi mengenai literasi. “Kami ingin mewadahi bakat siswa di dunia literasi agar mampu berkembang menjadi prestasi dan menjalin komunikasi untuk berbagi pengalaman,” ujarnya.

Lanjut dia, dalam Formasi terdapat beberapa program yang sudah berjalan. Di antaranya “Ngabring Mangkat Ka Perpustakaan” (Ngampus). Program ini bertujuan menghidupkan perpustakaan, di mana siswa diajak untuk mengunjungi perpustakaan pada saat waktu senggang, seperti jam istirahat.

“Dalam program ini, setiap siswa wajib mengunjungi perpustakaan minimal satu kali dalam satu minggu. Setiap siswa akan diberi kartu kunjungan yang dibawa setiap mengunjungi perpustakaan agar ditandatangani oleh pustakawan atau kepala perpustakaan,” katanya, menjelaskan.

Lanjut dia, untuk program mingguannya ada “Gerakan Ayo Diskusi” (Gadis). Program ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa seputar ilmu pengetahuan, akhlak kepribadian remaja atau kehidupan sosial budaya dan kewarganegaraan.

“Siswa diajak menggali informasi sebagai bahan diskusi dengan tema yang telah ditentukan. Diharapkan mampu belajar menyampaikan informasi yang didapat untuk melatih kemampuan public speaking. Program ini dilaksanakan setiap hari Senin setelah salat berjamaah zuhur,” katanya.

Sedangkan untuk program bulanan, lanjut dia, ada “Gerakan Ayo Membaca” (Gama). Program ini bertujuan untuk meningkatkan daya membaca siswa dengan diwajibkan membaca minimal satu buku dalam waktu satu bulan.

Setelah siswa selesai membaca, siswa diharuskan menulis resensi, kemudian disampaikan kepada semua anggota Formasi.

“Program ini untuk melatih kemampuan siswa di dunia menulis untuk mengetahui perkembangan membaca sis­wa. Maka dari itu diadakan per­temuan bulanan yakni setiap hari Sabtu Minggu ke-4,” ujarnya.

Kemudian, ada “Gerakan Ayo Raih Prestasi” (Garasi), di mana program ini sebagai sarana bagi siswa untuk menyalurkan bakatnya di du­nia literasi untuk dibina dan diperdalam. Sehingga mampu me­no­rehkan prestasi.(obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.