Foto Uang Dalam Kardus Manipulatif

622
0

Viralnya foto uang dalam kardus di lokasi jatuhnya pesawat helikopter BO 150 M PK-EAH di Kampung Situhiang Cinipah Desa Sirnaputra Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya dipastikan hoaks.

Wakapolres Tasikmalaya Kompol Rikky Aries  Setiawan menjelaskan tidak menemukan adanya uang dalam kardus dari helikopter yang jatuh pada Sabtu (16/3).

“Tidak ada itu (uang dalam kardus, Red),” ujarnya kepada Radar, Selasa (19/3).

Rikky menegaskan viralnya foto-foto uang lembaran seratus ribu dalam kardus, di lokasi jatuhnya helikopter adalah hoaks.”Hoaks itu, kita yang turun di lapangan tidak menemukan uang,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya tengah menyelidiki pelaku penyebar hoaks uang dalam kardus tersebut. ”Kita akan cari siapa penyebarnya,” terang dia.

Sementara itu, salah seorang caleg yang ada dalam foto uang dalam kardus, Muchlis Amin mengaku difitnah dan dirugikan atas penyebaran foto-foto dirinya, dengan uang dalam kardus di lokasi jatuhnya helikopter.

“Iya saya, ada di lokasi melihat proses evakuasi helikopter jatuh Sabtu (16/3). Saya juga live Facebook langsung di lokasi, kemudian memposting foto saya saat di lokasi pakai kaos Jokowi-Amin, tetapi tidak ada gambar uang dalam kardus,” tegas Muchlis kepada Radar, Selasa (19/3).

Muchlis kaget, ketika keesokan harinya Minggu (17/3), viral beredar foto-foto dirinya disandingkan dengan gambar uang pecahan seratus ribu di dalam kardus. Kemudian ada tulisan sekilas_info seiring heli jatuh uang Rp 100-an kardusan berhamburan. Ditambah hastage #Jokowi_tamat di akun Facebook inisial BK.

“Saya tidak merasa memposting foto-foto uang dalam kardus, hanya foto saya saja di lokasi helikopter jatuh. Itu fitnah, ada yang edit lagi foto saya, ditambahkan gambar uang dalam kardus,” jelasnya.

Bahkan, kata dia, sampai teman-temannya, asal NTT dan Medan menghubungi untuk memastikan kebenaran foto-foto uang dalam kardus tersebut. “Nanyain kebenaran info uang itu. Saya bantah dan mengecam keras, fitnahan itu,” tambah dia.

Untuk itu, dia berencana konsultasi ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Kabupaten Tasikmalaya, soal postingan Facebook seseorang yang mengunggah foto dirinya dengan uang dalam kardus.

“Belum, belum laporan saya, baru sebatas mau konsultasi ke LBH Ansor, ya nanti saya bicara dengan teman-teman. Saya gimana baiknya,” pungkas Muchlis. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.