FPLC & Sakola Motekar Ciamis Bersihkan Selokan, Begini Katanya..

80
0
radartasikmalaya
Puluhan pemuda yang tergabung dalam FPLC dan Sakola Motekar melakukan bersih-bersih sejumlah selokan yang penuh sampah. iman s rahman/ radartasikmalaya.com

CIAMIS  –  Puluhan pemuda yang tergabung dalam Forum Peduli Lingkungan Ciamis (FPLC) bersama Sakola Motekar melakukan bersih-bersih sejumlah selokan yang penuh dengan sampah, Senin (19/10).

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.00 ini dilakuakan di berbagai titik di Dusun Cibunar Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya.

Diketahui, aksi bersih-bersih itu dalam rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang, untuk menumbuhkan rasa gotong royong.

Ketua Forum Peduli Lingkungan Ciamis, Dian Sholeh Wardiana Putra alias Ghozin  menyampaikan, tujuan kegiatan membersihkan selokan  kali ini, pertama  untuk mencegah luapan air pada musim hujan.

Bahkan, selain membersihkan sampah , semua pemuda melakukan pemilahan sampah di Bank Sampah Motekar dan pembuatan produk dari koran dan kertas bekas.

“Jadi sampahnya bisa kami manfaatkan juga untuk aneka kerajinan yang bisa dijual kembali,” ucap Dian.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan kembali gotong-royong di masyarakat, karena saat ini budaya gotong-royong hampir hilang.

“Saat ini, kecenderungan warga untuk ikut gotong royong sakin rendah. Daripada ikut kegiatan kerja bakti warga lebih memilih bayar denda. Padahal maksudnya itu tidak hanya uang tapi kebersamaan menjaga lingkungan,” paparnya.

Dian menambahkan, kegiatan bersih selokan ini bukan sekarang saja dilakukan namun sering dilaksanakan diberbagai titik di Kabupaten Ciamis.

“Kami akan terus berupaya membersihkan lingkungan, agar Ciamis bersih dan terhindar dari bencana banjir akibat tersumbatnya sekolan oleh sampah,” ujarnya.

Ditambahkan Penggiat Sekolah Motekar, Deni Wahyu Jayadi alias Weje, pihaknya menyambut baik para pemuda penggiat lingkungan, karena kegiatan itu sangat bagus dan layak dicontoh.

Karena bisa menumbuhkan yang namanya jiwa gotong royong, serta lingkungan juga jadi sehat dan bersih.

“Terutama saat ini musim hujan, banyak sampah yang menyumbat saluran air, makanya kalau dibersihkan air akan lancar dan terhindar dari banjir. Semoga kegiatan ini juga ditiru oleh pemuda yang lainya,” tuntasnya.

(iman s rahman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.