FRGS Ciamis Tanam 4.000 Pohon di Ginung Sawal

86
0

CIAMIS – Forum Raksa Girih Sawala (FRGS ) yang di ketuai oleh Dr H Yat Rospia Brata Drs MSi menggelar Hari Menanam Pohon Indonesia ( HMPI), dengan menanam 4.000 pohon berbagai jenis di beberapa lokasi.

Dalam upaya sinergitas Gunung Sawal Lestari, Kamis (10/12) pagi, FRGS menenam pohon di Gunung Sawal Blok Hutan Produksi Awilega Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis.

Ketua FRGS, Dr H Yat Rospia Brata Drs MSi menjelaskan, kelestarian alam merupakan jewajiban bagi setiap orang, dengan tidak memilah individu, kelompok, jabatan, status dan lainnya.

Melestarikan alam tidak harus di kawasan hutan, tetapi bisa dimulai dari lingkungan terdekat.

“Melestarikan alam tidak selalu harus dengan hal yang besar, tapi mulailah dari hal yang kecil oleh diri sendiri. Melestarikan alam tidak harus menunggu sampai usia dewasa, tapi mulailah dari sejak dini,” tuturnya.

Yat menambahkan, bahwa FRGS merupakan wadah komunikasi dan silaturahmi para pegiat lingkungan yang peduli akan kelestarian Gunung Sawal.

Dimana, para anggotanya terdiri dari puluhan komunitas yang ada di Kabupaten Ciamis.

Termasuk, Universitas Galuh sebagai sebuah akademisi perguruan tinggi di Ciamis yang mengusung Budaya dan Konservasi alam (Culture & Conservation University) dalam visi misi kampusnya.

Kegiatan yang di inisiasi FRGS ini, kata dia, mendapat respon baik dari Perhutani khususnya Kepala Perhutani KPH Ciamis yaitu H Sukidi S Hut, yang mana Perhutani merupakan salahsatu intansi pengelola hutan Gunung Sawal, tepatnya di kawasan hutan produksi.

Perhutani memberika izin dan support untuk kegiatan penanaman pohon di kawasan yang kosong.

Kawasan yang di tanami berada di lokasi blok Hutan Produksi Awilega Wilayah RPH Kawali BKPH Ciamis .

Pohon yang di tanam berupa jenis Picung, Aren dan Buah-Buahan.

Pohon tersebut di peruntukan sebagai tanaman tegakan di sela tanaman produksi guna pelindungan mata air, pencegah erosi, penahan longsor.

“Diharapkan pohon yang di tanam akan mengurangi resiko bencana dan membantu melestarikan keanekaragaman hayati yang ada di gunug sawal,” ungkap Rektor Unigal .

Yat menyampaikan, bahwa kegiatan ini di hadiri oleh Bupati Ciamis beserta Jajarannya (Muspida Plus), klompok-kelompok Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), juga para komunitas, pegiat dan masyarakat yang peduli akan kelestarian alam Gunung Sawal.

Selain dari penanaman pohon, ada juga diskusi atau sawala (Sunda) untuk membangun kesepahaman bersama akan pentingnya Gunung Sawal atas keterjagaan alam dan lingkungannya.

“Harpan dari kegiatan ini tak lain adalah kelestarian alam untuk kesejahteraan masyarakat masa kini dan masa depan,” tuntasnya.

(iman s rahman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.