Fungsi Otak Pengaruhi Pertumbuhan Anak

26
0
PAPARAN. Dokter Amir Zuhdi memaparkan soal fungsi otak pada pendidikan anak dalam Neurorenting & Neuroteaching oleh Integrated Islamic School of Ibadurrohman di fave Hotel, Minggu (3/3).RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

INDIHIANG – Fungsi otak pada anak memiliki peran penting dalam pertumbuhan. Maka dari itu, orang tua atau wali murid dan guru harus punya visi yang sama dalam mendidik anak.

Hal tersebut diungkapkan dokter ahli otak, dr Amir Zuhdi pada kegiatan Neurorenting & Neuroteaching oleh Integrated Islamic School of Ibadurrohman di fave Hotel, Minggu (3/3).

Menurut Amir, orang tua harus menjadi pembimbing yang baik yakni membangun jiwa kepemimpinan anak serta membangun karakter anak tangguh, cerdas dan berakhlak mulia. “Orang tua harus memiliki skill coaching (kemampuan membimbing),” ujar dia.

Di sekolah, guru berperan penting membantu anak supaya mengembangkan kecerdasannya. Termasuk membuat anak semangat untuk belajar dengan menciptakan suasana yang nyaman. “Karena kalau tempat belajarnya tidak memberikan kenyamanan, bagaimana mau semangat dalam belajar,” kata dia.

Ketua pelaksana kegiatan Reni Nurjanah SPd mengatakan bahwa membangun kekompakan antara guru dan orang tua atau wali murid bukan hal mudah. Maka dari itu, parenting sangat penting demi pendidikan anak. “Karena ketika anaknya bermasalah kebanyakan orang tuanya bilang anaknya tidak seperti itu kalau di rumah,” tuturnya.

Sejauh ini, tingkat kesadaran orang tua untuk menghadiri parenting belum maksimal 100 persen. Diharapkan ke depannya ada peningkatan yang lebih baik demi sinergitas orang tua dan guru atau sekolah. “Masih ada yang menganggap ini tidak penting,” kata dia. (rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.