Gabungkan Kedisiplinan dan Seni

9

TASIK – Mewadahi bakat seni siswa, SDN Pasir Jaya Tasikmalaya di Sukajaya Purbaratu Kota Tasikmalaya mengembangkan ekstrakurikuler drum band atau marching band. Ekskul ini menjadi favorit di kalangan siswa.

Kepala SDN Pasir Jaya Yoyo Sudarsono SPd menuturkan, ekskul drum band ini selain bisa mengembangkan minat dan bakat siswa, juga sebagai upaya dalam pembentukan karakter. Sebab, sambungnya, drum band sebagai perpaduan antara unsur kedisiplinan dan seni.

“Drum band ini berhubungan dengan seni musik. Perpaduan musik, baris-berbaris, gerak tari dan irama yang menjadi ekstrakurikuler drum band ini sangat mengenyenangkan untuk diikuti,” terang Yoyo kepada Radar, Sabtu (22/9).

Lanjutnya, tim drum band SDN Pasir Jaya sudah sering tampil di sekolah maupun di luar sekolah sehingga sudah cukup dikenal masyarakat.

Pembina Ekskul Drum Band SDN Pasir Jaya Tasikmalaya Redi Sumarli SPd MPd mengatakan, ekskul drum band baru berjalan dua tahun, namun peminatnya banyak.

Adapun latihannya, kata ia, digelar pada Jumat sore usai jam pembelajaran berakhir. Dalam melatih drum band, terang Redi, memang penuh dengan tantangan dan harus bersabar.

“Melatih ekskul drum band berbeda dengan yang lainnya. Anggota dilatih per individu dan per alat musik. Setelah lancar, baru latihan gabungan sehingga bisa menghasilkan harmonisasi yang enak didengar,” tutur Redi. Ekskul Drum Band ini, ungkapnya, baru berjalan selama dua tahun, namun peminat dan perkembangannya sangat baik.

“Kita berharap dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler ini dapat meningkatkan kedisiplinan sehingga mutu dan prestasi sekolah juga bisa meningkat,” ujarnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.