Gagal Menjadi Kades, Gadaikan Mobil Orang

9

BUNGURSARI – Seorang pria asal Cibalong Kabupaten Tasikmalaya, TT (44) digiring oleh komunitas driver angkutan online ke Mapolres Tasikmalaya Kota, Kamis (23/8). Dia dilaporkan telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan.

Ketua komunitas Driver Online X-Pilot Ari Selamet Triadi menjelaskan bahwa bulan Juli lalu TT menyewa mobil milik salah satu rekannya. Setelah jatuh tempo, mobil tidak juga dikembalikan. “Terus beralasan orangnya,” ungkapnya.

Karena kesal, dia dan rekan-rekannya pun mendatangi rumahnya di salah satu Perumahan di Kecamatan Tamansari. Diketahui bahwa mobil Suzuki Ayla milik rekannya tersebut sudah digadaikan. “Makanya kita polisikan dia,” tuturnya.

TT mengaku ada tiga mobil yang dia gelap­kan dengan cara gadai ku­rang lebih Rp 20 juta untuk satu unit. Hasil­nya digunakan untuk menutupi utang-utangnya yang mencapai Rp 100 juta. “Kalau dijumlahkan sampai seratus juta,” ujarnya.

Dijelaskan TT, pada tahun 2007 dan 2017, dia mencalonkan diri sebagai kepala desa di Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya, namun tidak terpilih. Di sisi lain, untuk memenangkan Pilkades tersebut, dia mengeluarkan banyak biaya. Caranya, dengan meminjam.

“Utangnya bekas saya nyalon Kades, sudah dua kali tapi gagal,” tuturnya.
Istri TT merupakan salah satu abdi negara di Kabupaten Tasikmalaya. Akan tetapi hubungan rumah tangganya sedang bermasalah sehingga utang TT harus ditanggungnya sendiri.

“Hubungan sama istri sedang tidak baik,” katanya.

TT sendiri beberapa waktu mendaftar juga sebagai bakal calon legislatif di Kabupaten Tasikmalaya. Akan tetapi karena banyak masalah yang menimpanya, dia pun tidak melanjutkan pemberkasan ke KPU.

“Bukan gagal tapi saya yang tidak meneruskan,” akunya.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf mengapresiasi tindakan komunitas driver online yang mengamankan TT dan menyerahkannya kepada aparat kepolisian. Pihaknya akan memproses TT sebagaimana aturan. “Terima kasih atas kontribusinya, kami akan proses,” apresiasinya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.