Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Gagas Marketplace Paket Umrah

48
0

JAKARTA – Tingginya pengguna marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak, diadopsi oleh Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI).

Dalam waktu dekat mereka meluncurkan marketplace yang berisi kumpulan paket-paket umrah, haji khusus, serta wisata lainnya di platform bernama Aisyah.

Ketua Umum DPP AMPRHURI Joko Asmoro menjelaskan Aisyah merupakan sngkatan dari AMPHURI Information System Syariah.

“Dengan program ini, informasi paket lewat platform end-to-end yang transparan dan menguntungkan semua pihak,” katanya kemarin. Joko menjelaskan layanan Aisyah itu bernaung dalam koperasi milik AMPHURI.

Lebih lanjut Joko menjelaskan pada tahap pertama layanan Aisyah hanya bisa diakses oleh anggota koperasi. Mereka bisa melihat seluruh paket haji khusus, umrah, dan wisata lainnya.

Untuk saat ini sudah ada 156 unit travel yang tergabung dalam koprasi dan siap memajang paketnya di platform tersebut.

Joko menjelaskan untuk sementara layanan Aisyah berbasis website. Tidak menutup kemungkinan ke depan akan dikembangkan dalam bentuk aplikasi.

“Mulai hari ini sudah bisa diakses,” jelasnya. Hanya saja belum seluruh travel memasukkan informasi paket dalam layanan itu.

Dengan adanya platform Aisyah itu, masyarakat bisa mendapatkan informasi yang luas terkait paket umrah maupun haji khusus dari sekian banyak travel. Kemudian calon jamaah bisa menetapkan paket umrah dari travel mana yang sesuai dengan budget maupun keinginan masing-masing. Untuk menjamin keamanan transaksi, koperasi AMPHURI berperan sebagai penyelenggara penyelesaian transaksi klien (kliring).

Menurut Joko kemudahan dalam layanan travel sudah menjadi tuntutan saat ini. Apalagi jumlah jamaah umrah setiap tahun terus meningkat.

Dia menuturkan tahun lalu jumlah jamaah umrah Indonesia mencapai 1.005.896 orang. Sementara untuk tahun ini hingga tanggal 18 Ramadan 1440 hijriyah tercatat ada 934.827 jamaah umrah asal Indonesia. (wan/ful)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.