Gaji 11 Tahun Siti Khasanah Berhasil Diperjuangkan KJRI Penang

3

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PENANG – Penanganan perselisihan hak dan kewajiban antara majikan dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Penang Malaysia, selalu ditangani serius oleh pihak Konjen RI di Penang Malaysia.

Terakhir, Rabu (03/10/2018), KJRI Penang berhasil menyelesaikan permasalahan yang menimpa Siti Khasanah dengan majikannya.

Sang majikan yang seharusnya membayarkan gaji pada Siti, selama 11 tahun, sebesar RM 102.750 (setara Rp374.379.143), ternyata hanya direalisasikan senilai RM 46.800,00 pada tanggal 25 September 2018.

Sepekan kemudian, dengan bantuan pihak KJRI, akhirnya sang majikan membayarkan sisa hak gaji senilai RM 55.950 (setara Rp203.894.115) kepada Siti di kantor KJRI.

“Alhamdulillah permasalahan sudah selesai. Kami sangat serius dan akan selalu all out menangani kasus-kasus seperti ini,” ujar Iwanshah Wibisono, Konjen RI Penang Malaysia, dalam realese-nya yang dikirim ke redaksi radartasikmalaya.com.

“Kami berharap setiap Pekerja Migran Indonesia mengikuti prosedur yg ada apabila hendak bekerja di luar negeri,” kata Iwanshah.

Sebelumnya, karena terjadi perselisihan, Siti Khasanah melarikan diri dari rumah majikannya tanggal 24 September 2018. Kemudian, melaporkan peristiwa yang menimpanya ke KJRI, hingga langsung ditangani pengaduannya oleh KJRI Penang.

Iwansyah menambahkan, selama 11 tahun bekerja, Siti tak pernah diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan keluarga bahkan tak pernah diizinkan untuk pulang ke Indonesia.

Bahkan, saat ini KJRI Penang sedang mengurus proses administrasi untuk kepulangan Siti di kantor Imigrasi Malaysia, dan menghubungi pihak keluarganya di Indonesia. (rls/age)

loading...