Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Gaji Anggota Dewan Kabupaten Pangandaran Rp 21 Juta

2341
0
Yayat Kiswayat
Yayat Kiswayat

PANGANDARAN – Para wakil rakyat yang duduk di DPRD Kabupaten Pangandaran periode 2019-2024 akan menerima gaji kurang lebih sebesar Rp 21 juta per bulan.

Sekretaris DPRD Kabupaten Pangandaran Yayat Kiswayat mengatakan gaji sebesar Rp 21 juta yang akan diterima anggota dewan itu, terdiri dari gaji pokok sebesar Rp 4,6 juta, tunjangan perumahan Rp 5,5 juta, tunjangan komunikasi intensif Rp 5,3 juta, tunjangan transportasi Rp 6,4 juta.

”Jadi gaji keseluruhan pimpinan anggota DPRD Kabupaten Pangandaran masuk dalam klaster rendah,” terangnya kepada Radar, saat ditemui di gedung DPRD Kamis (5/9).

Menurut dia, gaji tersebut belum dipotong pajak sebesar 11 persen. ”Kadang potongan pajaknya juga berbeda-beda, misalkan tunjangan perumahanya juga ada pajaknya,” jelas dia.

Yayat menambahkan klaster gaji DPRD tergantung dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan anggaran belanjan. ”Kalau Kabupaten Ciamis sudah masuk klaster sedang, gajinya bisa sampai Rp 29 juta,” jelasnya.

Tambah Yayat, untuk pimpinan DPRD tidak mendampat tunjangan transportasi, namun mendapatkan mobil dinas dan tunjangan jabatan sebesar Rp 3 juta. ”Kalau anggota dapat tunjangan transportasi tapi tidak mendapat mobil dinas, “ katanya.

Untuk anggota DPRD periode 2014-2019 yang sudah selesai masa pengabdianya diberi enam kali gaji pokok. ”Sekitar Rp 8 juta lah, kemudian mereka juga mendapat uang dari tabungan pensiun, yang tiap bulan dipotong Rp 150 ribu. Jadi kalau ditotal sekitar Rp 10 juta,” ujarnya.

Selama ini, sambung Yayat, anggota DPRD Pangandaran rutin melaporkan harta kekayaan ke KPK. ”Kita itu biasanya paling cepat kalau urusan laporan harta kekayaan,dari tiap partai dikumpulkan, lalu kita akomodir,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.