Gaji Naik, Kinerja ASN Harus Membaik

105
0
Drs H Budi Budiman
Loading...

BUNGURSARI – Kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5 persen diharapkan menjadi stimulan meningkatkan kinerja. Para abdi negara harus cepat dan tanggap melayani masyarakat. Apalagi, negara akan membayarkan kenaikan gaji mereka April nanti.

“Pelayanan, kecepatan tanggap terhadap hal-hal yang dibutuhkan masyarakat harus ditingkatkan,” ujar Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman kepada Radar saat ditemui di bale kota, Kamis (28/3).

Dia menjelaskan menaikkan gaji PNS merupakan kebijakan pemerintah pusat. Itu sebagai apresiasi pemerintah bagi para aparatur. Untuk itu, Budi meminta para PNS di lingkungan Pemkot Tasikmalaya dapat menanamkan kinerja yang baik sehingga berimbas terhadap kedisiplinan dalam menjalankan tugas.

“Bukan sebatas menjalankan tugas, melainkan menyukseskan program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintahan,” tuturnya.

Di sisi lain, Budi mengakui kondisi anggaran di 2019 terbilang tidak terlalu longgar. Adanya sejumlah pemotongan dana alokasi dari pusat, otomatis mendorong pemerintah daerah lebih efisien mengelola keuangan. Namun, dia mengaku optimis kegiatan di tahun ini bisa lebih efektif, berkaca dari realisasi kegiatan dan serapan anggaran di 2018 yang terbilang tinggi.

Loading...

“Kondisi keuangan kita memang tidak terlalu longgar, tetapi kegiatan harus terus berjalan. Kita sudah baik di tahun lalu dengan realisasi keuangan yang biasanya hanya 90 persen, kemarin tembus 97 persen. Sementara realisasi kegiatan di angka 99 persen,” terangnya memaparkan.

Pemkot juga, kata Budi, dituntut mempertahankan prestasi tersebut. Apalagi, di awal tahun ini Pemkot menyabet predikat BB dalam Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) 2018 dari Kemenpan RB.

“Kita harus semakin akuntabel, maka saya harap gaji naik, kinerja harus semakin baik,” tegasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan menjelaskan kenaikan gaji sebesar 5 persen dari gaji yang biasa diterima para pegawai, akan dicairkan mulai April. Itu terhitung dari gaji 1 Januari 2019.

“Informasi yang kita terima dirapelkan mulai 1 Januari lalu, nanti dicairkan di April. Anggarannya dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang sudah ada di APBD kita tahun ini,” ucapnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.