Gaji PNS Kota Tasik Telat, Istri Teriak..

356
0
Loading...

TASIK – Awal tahun ini, gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya mengalami keterlambatan. Hal ini, sebagai dampak dari APBD Tahun Anggaran 2021 yang belum bisa dipakai.

Salah satu ASN Pemkot Tasikmalaya, yang enggan disebut namanya mengakui memang belum mendapatkan gaji. Menurutnya, halini sedikit banyak berdampak pada suasana kerja.

“Kalau kinerja gak begitu besar pengaruhnya, tapi istri saya yang terus nanya-nanyain karena tidak biasa gaji terlambat,” ujarnya kepada Radar, Rabu (6/1).

Dia mengaku tidak begitu mengetahui apa yang menjadi alasan keterlambatan itu. Sangat dimungkinkan hal ini berkaitan dengan pengisian pejabat pada SOTK baru yang belum dikukuhkan. “Mungkin karena anggarannya belum dipakai,” terangnya.

Baca juga : Wajah Madrasah Maju & Modern di Kota Tasik

Loading...

Dari informasiyang dihimpun Radar, banyak para guru yang berstatus ASN sudah datang ke bank untuk mengambil gajinya. Akan tetapi mereka akhirnya balik lagi, karena uang yang diterima secara rutin itu belum ada.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Agus Wahyudin pun mengaku banyak mendapat laporan dan keluhan dari ASN. Pemkot seharusnya bisa sesegera mungkin mengukuhkan pejabat di SOTK baru. “Kasihan kan kan gaji itu sudah mereka tunggu-tunggu,” ujarnya.

Khawatirnya, keterlambatan gaji ini akan berpengaruh pada semangat kerja. Tidak bisa dipungkiri, selain untuk mengabdi kepada masyarakat, pegawai juga bekerja karena upah atau gaji.

“Dan memang itu sudah menjadi hak mereka,” katanya.
Keterlambatan gaji ini terjadi di berbagai daerah, namun tidak berlaku secara nasional. Masalah ini masih berkaitan dengan APBD yang belum bisa digunakan.

Terpisah, Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum mengatakan ASN di lingkungan Pemprov tidak mengalami kendala. Mereka sudah mendapatkan gaji sebagaimana mestinya. “Di provinsi sudah pada terima gaji,” katanya.

Disinggung APBD Kota Tasikmalaya yang belum bisa dipakai, dia meyakini hal itu menjadi penyebab terlambatnya gaji pegawai di lingkungan Pemkot Tasikmalaya. Pasalnya, gaji para pegawai memang berhubungan dengan penganggaran. “Gaji kan itu masuknya belanja aparatur,” ujarnya.

Namun demikian, secara teknis Uu tidak mengetahui persoalan dan kendala untuk Kota Tasikmalaya. Dia hanya bisa memberikan pandangan secara teori. “Daerah mana saja yang terlambat pun saya kurang tahu,” pungkasnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.